Semarang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah, menargetkan proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum 2024 tingkat kota setempat bisa rampung lebih cepat dari jadwal.

"Alhamdulillah, (rekapitulasi) sudah berjalan. Kalau secara jadwal, lima hari, tapi semoga bisa lebih cepat," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, di sela rapat rekapitulasi, di Semarang, Kamis.

Rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Kota Semarang berlangsung di Ruang Lokakrida, Gedung Moch Ichsan, Balai Kota Semarang yang dijadwalkan mulai 29 Februari-3 Maret 2024.

"Ini baru kami skors sebentar, kemudian kami menampilkan data. Karena Sirekap ini kan baru bisa kita tahu isinya setelah kita klik (tekan) mulai," kata Nanda, sapaan akrab Henry Casandra Gultom.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara itu disaksikan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang dan perwakilan partai politik.

Ia menjelaskan bahwa KPU Kota Semarang mengacu pada Keputusan KPU Nomor 219/2024, PKPU Nomor 5/2024, dan PKPU Nomor 25/2023 bahwa rekapitulasi dilaksanakan secara berjenjang dan manual.

"Prosesnya rekapitulasi (panitia pemilihan kecamatan) sudah berlangsung dari tanggal 17 Januari sampai sekarang," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024 berlangsung dengan lancar.

"Direncanakan penghitungan tadi disampaikan Pak Ketua KPU (Kota Semarang.) kemungkinan bisa lebih cepat," kata Ita, sapaan akrabnya.

Ia juga bersyukur bahwa penyelenggaraan pemilu di seluruh wilayah, yakni di 4.646 tempat pemungutan suara (TPS) tidak ada pemungutan suara ulang (PSU).

"Kemarin kan Alhamdulillah dari 4.646 TPS tidak ada PSU, sehingga proses-prosesnya tidak harus menunggu. Jadi, bisa langsung diserahkan dan dihitung di sini," katanya.

Baca juga: Tahapan rekapitulasi suara pemilu di Batang berlangsung aman

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024