Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah menginformasikan tahapan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kabupaten berlangsung aman, tertib, dan jujur.

"Kami bersyukur Pemilu 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan jujur. Ini juga berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak baik dari pemkab, Polres Batang, Kodim 0736/Batang, Bawaslu, dan media massa," kata Ketua KPU Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Batang, Rabu.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten ini dihadiri saksi-saksi dari partai politik peserta pemilu, serta diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu.

Menurut dia, rapat pleno terbuka ini merupakan tahapan akhir dari proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang sebelumnya telah dilakukan di tingkat kecamatan.

Rapat pleno ini, kata dia, dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga dapat diakses dan disaksikan oleh siapa saja, termasuk melalui siaran langsung media sosial KPU Batang yakni YouTube KPU Batang.

"Kami berkomitmen menjaga integritas dan kredibilitas sebagai penyelenggara Pemilu 2024. Kami menghargai hak setiap peserta pemilu menyampaikan keberatan atau sanggahan jika ada kesalahan atau kecurangan dalam penghitungan suara," katanya.

Dikatakan, rapat pleno ini diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diwajibkan dihadiri oleh Bawaslu, saksi peserta pemilu, dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sementara itu Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 secara transparan dan terbuka.

"Kami mengimbau semua pihak untuk menerima hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 dengan legowo dan sportif. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah perbedaan pilihan politik," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024