Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan Pemilihan Umum 2024 selesai pada hari ini atau Minggu.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Batang Khikmatun di Batang, Minggu, mengatakan bahwa sudah ada 14 kecamatan dari 15 kecamatan yang sudah menyelesaikan rekapitulasi suara pada Sabtu (24/2).

"Oleh karena itu, kami memastikan rekapitulasi suara di 15 kecamatan dapat diselesaikan pada Minggu (25/2) ini. Hari ini, tinggal menyelesaikan rekapitulasi suara di Kecamatan Batang saja," tuturnya.

Menurut dia, proses penghitungan suara pemilihan umum sudah dimulai sejak sepekan lalu, namun sempat ada penundaan pada Selasa (20/2) dari KPU Pusat agar semua rekapitulasi dihentikan.

Selama proses rekapitulasi suara, kata dia, berlangsung dengan kondusif dan lancar.

"Hingga saat ini belum ada hambatan, penghitungan suara berjalan lancar, dan suasana rapat pleno juga kondusif bersama saksi ataupun pengawas kecamatan," ujarnya.

Khikmatun mengatakan nantinya hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan akan dibawa untuk diserahkan ke KPU Kabupaten Batang yang akan dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota.

Rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota, kata dia, akan dilakukan pada 28 Februari 2024 berlokasi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang.

"Rekapitulasi suara masih sesuai prosedur yang sudah ditetapkan oleh KPU pusat. Kami berharap proses rekapitulasi yang berjalan sekarang ini akan selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan," ucapnya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024