Magelang (ANTARA) - Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto  mengatakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa merupakan komitmen TNI dan pemerintah daerah untuk bersinergi dengan masyarakat dalam upaya mencapai cita-cita bersama mewujudkan desa sejahtera, mandiri, dan berdaya saing.

"Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini diharapkan dapat dilakukan secara jelas baik dari proyek pembangunan fisik dan non-fisik," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut saat membuka program TMMD di Dusun Sindas I, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I ini juga dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, OPD terkait dan jajaran Forkompimcam Secang.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Pancuranmas, Secang, ini antara lain kegiatan pembangunan fisik berupa pembangunan rabat beton dan senderan jalan serta kegiatan non-fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, perpustakaan keliling, penanaman pohon, pembagian sembako bagi keluarga kurang mampu dan pelayanan rekam KTP serta aktivasi identitas kependudukan.

Dengan pembangunan jalan desa, masyarakat diharapkan  dapat memiliki infrastruktur jalan yang baik dan sebagai upaya pengembangan potensi ekonomi lokal serta meningkatkan aksesibilitas warga.

Selain itu, kegiatan non-fisik juga diharapkan dapat memberikan dampak holistik dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Menurut dia dengan pendekatan yang komprehensif ini, TMMD tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur fisik desa, namun juga memperkuat modal sosial dalam pembangunan sosial masyarakat.

"Pada prinsipnya, TMMD bagian dari ikhtiar kita bersama yang dilandasi semangat kegotongroyongan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Artinya, TMMD bagian dari upaya meningkatkan kesetiakawanan sosial guna memperkuat ketahanan masyarakat. Inilah cara kita merawat ke-Indonesia-an kita hari ini," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024