Purbalingga (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024 yang dilaksanakan di Desa Tejasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, membangun jalan yang menghubungkan daerah itu dan Desa Cilacap dengan anggaran sebesar Rp1,3 miliar.

Saat mewakili Bupati Purbalingga dalam pembukaan TMMD Reguler Ke-119 Tahun 2024 di Lapangan Desa Tejasari, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Selasa, Pj Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Purbalingga Yani Sutrisno Udi Nugroho mengatakan program tersebut merupakan momentum strategis untuk membangun desa melalui semangat kebersamaan serta gotong royong antara TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan.

"Berkat sentuhan TMMD selama ini telah banyak desa terfasilitasi akses dan infrastrukturnya, sehingga pada akhirnya dapat turut mendorong taraf kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan berkat TMMD pula masyarakat semakin banyak termotivasi dan percaya diri untuk mendayagunakan setiap potensi yang ada di sekitarnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat pun makin terpacu untuk berkreasi dan punya prakarsa untuk ikut terlibat dalam geliat memajukan pembangunan.

Dengan demikian, lanjut dia, TMMD terbukti telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat membacakan laporan kegiatan, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Lettu Inf Suyono mengatakan panjang jalan antardesa yang akan dibangun tersebut mencapai 1.240 meter dengan lebar 4 meter.

"Ruas jalan yang menghubungkan Dukuh Kali Sontol di Desa Tejasari dengan Dukuh Kaliwadas di Desa Cilapar akan dilengkapi talut di sisi tepinya, jembatan, dan gorong-gorong. Pembangunan akan berlangsung mulai 20 Februari hingga 20 Maret 2024," katanya.

Menurut dia, sumber anggaran untuk membiayai pembangunan jalan tersebut berasal dari dukungan operasional TNI Angkatan Darat sebesar Rp338 juta, APBD Provinsi Jawa Tengah Rp250 juta, dan APBD Kabupaten Purbalingga Rp750 juta.

Terkait dengan hal itu, Kepala Desa Tejasari Suyatno mengharapkan kegiatan TMMD berjalan sukses dan lancar serta bermanfaat dalam memperlancar akses pertanian melalui ruas jalan usaha tani yang dibangun.

Pembukaan TMMD Reguler Ke-119 Tahun 2024 yang dihadiri komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi M Andhy Kusuma, Komandan Kodim 0702/Purbalingga Dipo Sabungan Lumban Gaol, dan Wakil Ketua DPRD Purbalingga Adi Yuwono itu diisi dengan donor darah, bakti sosial, pengobatan gratis, serta penanaman pohon.

Baca juga: Mahasiswa KKN Undip bantu taman Toga dan papan batas desa

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024