Semarang (ANTARA) - Asuransi Astra menyalurkan bantuan pembangunan fasilitas gedung sekolah di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang guna memastikan semua anak mendapatkan pendidikan yang layak.

Kegiatan tersebut selaras dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations terkait Diversity, Equity, and Inclusion (DEI) untuk meningkatkan inklusivitas para penyandang disabilitas di Indonesia agar mendapatkan kesempatan yang sama, melalui Estafet Peduli Bumi (EPB) di Semarang.

Astra juga memberikan beasiswa kepada sejumlah murid guna menunjang proses belajar dan mengajar lebih maksimal serta memompa semangat para murid sebagai penerus bangsa agar lebih giat dan rajin belajar.

Dilengkapi dengan keempat pilar lainnya, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan, rangkaian aspirasi EPB di Semarang juga memberikan literasi keuangan dan pemberian beasiswa kepada murid sekolah vokasi di SMKN 3 dan SMK Ignatius Semarang.

Selain itu peresmian instalasi solar panel di kantor cabang Asuransi Astra Semarang, pemberian unit ambulans kepada Madrasah Diniyah Darussalam Jepara serta penyaluran dana bergulir bagi UMKM di sejumlah rumah ibadah yang tersebar di kota Semarang pada 6 dan 7 Februari 2024.

Pada pilar yang pertama, yakni pendidikan, selain memberi dukungan pada pendidikan inklusif penyandang disabilitas, rangkaian EPB juga memberikan literasi mengenai manajemen keuangan yang ditujukan bagi murid sekolah vokasi, tepatnya di SMKN 3 dan SMK Ignatius yang berlokasi di Semarang.

Pada pilar kesehatan, Asuransi Astra menyalurkan bantuan unit ambulans kepada Madrasah Diniyah Darussalam di Jepara. Tak hanya diperuntukkan bagi para santri, unit ambulans ini juga dapat digunakan oleh warga sekitar yang membutuhkan bantuan darurat dengan cepat karena kebanyakan rumah sakit terletak di tengah kota Jepara yang cenderung jauh sehingga masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Asuransi Astra juga melanjutkan aspirasi pada pilar lingkungan melalui melakukan peresmian instalasi solar panel dengan total 16 panel berkapasitas 8.720 kWp di kantor cabang Asuransi Astra Semarang.

Semarang menjadi kota selanjutnya yang perusahaan inisiasikan dalam gerakan pemanfaatan energi bersih ramah lingkungan sebagai upaya dalam melestarikan lingkungan melalui pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta mengurangi dampak pemanasan global dengan mengalihkan energi lama ke energi terbarukan dengan pengembangan energi surya secara masif.

Melalui solar panel yang telah terpasang, Asuransi Astra berhasil mengurangi CO2 (Carbon) sebesar 7.260 kilogram per tahun atau sama dengan menanam 358 batang pohon.

Pada pilar kewirausahaan, Asuransi Astra menyalurkan dana bergulir bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sejumlah rumah ibadah yang tersebar di Kota Semarang. Aspirasi kali ini diwujudkan dengan tujuan untuk menjaga keberlanjutan program bantuan dana bergulir yang telah dilaksanakan perusahaan pada tahun lalu, sehingga dapat menggerakkan ekonomi dan mengembangkan usaha masyarakat lokal agar meningkatkan produktivitas penjualan dan pendapatan, yang akhirnya membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Kami memiliki tanggung jawab besar untuk Bumi ini serta aspek di dalamnya. Tentunya dalam mewujudkan keberlangsungan yang sifatnya tidqk hanya sementara dan dapat menyejahterakan masyarakat dibutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, seperti kolaborasi Pentahelix. Melalui rangkaian dan komitmen lainnya yang diwujudkan melalui EPB, harapannya dapat menginspirasi masyarakat di luar sana untuk memberikan kebermanfaatan positif secara menyeluruh dan merata," kata Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024