Cilacap (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, distribusi logistik Pemilu 2024 dari gudang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) dapat berjalan sesuai jadwal dan tepat waktu.

"Kemarin kami sudah meninjau beberapa titik, insyaallah sesuai dengan jadwal dan tepat waktu," kata Pj Bupati di Cilacap, Minggu.

Bahkan, kata dia, distribusi logistik ke PPK Kampung Laut yang merupakan wilayah tersulit karena berada di perairan laguna Segara Anakan pun diharapkan dapat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan.

Selain itu, lanjut dia, gudang logistik KPU Kabupaten Cilacap tersebar di beberapa lokasi dalam rangka mendekatkan dengan titik distribusi dan pihaknya telah memantaunya.

"Intinya Pemkab Cilacap mendukung, misalnya tempat penyimpanan dan sebagainya, kami support selagi itu dibutuhkan oleh KPU selaku penyelenggara sampai ke tingkat bawah," katanya menegaskan.

Menurut dia, dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap juga diberikan dalam hal pengamanan dan anggaran Pemilu 2024.

Terkait dengan masa kampanye Pemilu 2024 yang akan segera berakhir, Pj Bupati mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas dan tetap damai pada masa tenang hingga pemungutan suara pada 14 Februari maupun sesudahnya.

Ia mengaku bersyukur karena hingga hari-hari terakhir masa kampanye, seluruh proses baik kam kampanye tertutup maupun terbuka di Cilacap berjalan lancar dan damai.

"Ini mudah-mudahan sampai tanggal 14 dan hari tenang benar-benar kita gunakan waktu tenang, sehingga tetap aman dan kondusif serta pemilu berlangsung dengan jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia. Juga tolak politik uang, tidak menerima serangan fajar," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno mengatakan pihaknya pada hari Minggu (4/2) mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke tingkat PPK.

Menurut dia, pihaknya mendahulukan distribusi logistik ke Kecamatan Dayeuhluhur yang merupakan wilayah terjauh di Kabupaten Cilacap.

"Logistik untuk Dayeuhluhur dikirim dari gudang kami yang berlokasi di Sidareja. Kebetulan kami menyiapkan lima gudang, tiga di antaranya berada di Kota Cilacap, satu di Sidareja, dan satu di Gandrungmangu," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, gudang di Sidareja mencakup kebutuhan logistik untuk dua daerah pemilihan (dapil), yakni Dapil Cilacap 3 yang meliputi Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Cipari, dan Patimuan serta Dapil Cilacap 4 yang meliputi Kecamatan Cimanggu, Majenang, Wanareja, dan Dayeuhluhur.

Sementara gudang di Gandrungmangu mencakup Dapil Cilacap 2 yang meliputi Kecamatan Gandrungmangu, Kampung Laut, Kawunganten, Bantarsari, dan Karangpucung.

"Kalau tiga gudang di kota untuk Dapil Cilacap 1 yang meliputi Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara, kemudian Dapil Cilacap 5 meliputi Adipala, Binangun, Nusawungu, dan Kroya, serta Dapil Cilacap 6 meliputi Kesugihan, Maos, Jeruklegi, dan Sampang," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan proses penyortiran dan pelipatan seluruh surat suara dilakukan di gudang yang berada di Kota Cilacap.

Setelah selesai disortir dan dilipat, kata dia, surat suara beserta logistik lainnya dikirim ke gudang Gandrungmangu maupun Sidareja sesuai dengan kebutuhan masing-masing dapil dan selanjutnya didistribusikan ke PPK mulai Minggu (4/2).

"Oleh karena kebutuhan logistik untuk Kecamatan Kampung Laut tersimpan di gudang Gandrungmangu, pendistribusiannya tidak sesulit saat pemilu-pemilu sebelumnya yang dilakukan melalui Dermaga Sleko di Cilacap dengan menggunakan perahu selama lebih kurang tiga jam perjalanan," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Kecamatan Kampung Laut memiliki empat desa, dua di antaranya berada di daratan, yakni Panikel dan Ujunggagak.

Dengan demikian, lanjut dia, distribusi logistik ke Kampung Laut dapat dilakukan menggunakan jalur darat ke Desa Panikel yang jaraknya cukup dekat dengan Gandrungmangu.

"Selanjutnya dari Panikel diangkut menggunakan perahu ke dua desa lainnya, yakni Ujungalang dan Klaces yang merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Kampung Laut. Kami sudah berkoordinasi dengan Polresta Cilacap yang kebetulan punya armada untuk itu," kata Weweng.

Baca juga: BPBD: Desa rawan longsor disiapkan jalur alternatif agar pemilu aman

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024