Semarang (ANTARA) - SD Negeri 2 Tamanrejo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal melibatkan orang tua pada Program Senin Kamis Mengaji (Sekam) yang diikuti peserta didik yang100 persen beragama Islam untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama mereka.

"Kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar masih kurang. Selain itu hafalan surat-surat pendek yang digunakan dalam bacaan sholat masih sangat kurang. Program SEKAM melibatkan tiga orang guru mengaji yang merupakan bagian dari komite sekolah dan juga guru mengaji di TPQ di Dusun Tambakroto," kata
Susilowati, Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak, Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation ini.

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tamanrejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal ini menjelaskan Program SEKAM merupakan perwujudan aspirasi warga sekolah dan dalam pelaksanaannya orang tua peserta didik terlibat aktif mensukseskannya.

Sebelum pelaksanaan program yang telah disusun oleh kepala sekolah, guru, komite, dan pengawas sekolah, dilakukan sosialisasi kepada orang tua peserta didik agar mereka mengetahui program-program yang telah disusun sekolah, dan juga memberikan dukungan untuk keterlaksanaan program tersebut.

Hasil kegiatan tersebut, siswa mampu membaca Al Quran dan menghafal surat-surat pendek Al Quran, mampu membacanya sesuai dengan tajwid dan makhroj yang benar, dan memperkuat karakter profil pelajar Pancasila.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024