Kudus (ANTARA) -
Palang Merah Indonesia Cabang Kudus, Jawa Tengah, memastikan stok darah untuk berbagai golongan darah tersedia cukup menyusul banyaknya relawan yang menyumbangkan darahnya.
 
"Berdasarkan data stok per Ahad (24/12), jumlah darah yang tersedia sebanyak 348 kantong. Jumlah ini diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan darah dari sejumlah pihak selama beberapa hari mendatang," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Kudus Praptiningsih di Kudus, Senin.
 
Jumlah stok darah sebanyak itu, kata dia, merupakan hasil pengumpulan dari sejumlah relawan, baik dari perguruan tinggi, perusahaan, serta kegiatan donor dari pemerintahan.
 
Sementara upaya penambahan stok darah selama bulan puasa, PMI Kudus masih rutin menggelar layanan donor keliling. Di antaranya di Alun-alun Kudus saat car free day maupun pada malam hari.
 
Menjelang akhir tahun 2023, pihaknya juga masih memiliki jadwal donor dari karyawan perusahaan di Kudus, sehingga stok darah dipastikan juga akan bertambah.
 
"Rencananya pada 27 Desember 2023 akan ada donor darah di perusahaan terbesar di Kudus. Sehingga stok darah dipastikan juga bertambah," ujarnya.
 
Dari stok 348 kantong, meliputi golongan darah A sebanyak 127 kantong, B sebanyak 70 kantong, AB sebanyak 26 kantong, dan O sebanyak 125 kantong.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024