Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan di Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 26 paket pelatihan berbasis kompetensi bagi warga pada 2024.

"Alhamdulillah, ada kenaikan jumlah paket pelatihan pada tahun ini jika dibanding tahun sebelumnya yang hanya 23 paket," kata Kepala Balai Latihan Kerja Kota Pekalongan Helmy Hendarsyah di Pekalongan, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa biaya penyelenggaraan 26 paket pelatihan berbasis kompetensi tahun 2024 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Perinciannya, biaya penyelenggaraan 20 paket pelatihan ditanggung APBN dan biaya pelaksanaan enam paket pelatihan ditanggung APBD.

Sebagaimana sebelumnya, menurut Helmy, paket pelatihan berbasis kompetensi yang ditawarkan pada 2024 meliputi pelatihan teknik listrik, pemeliharaan dan perbaikan alat pendingin ruangan, menjahit, desain grafis, perangkat lunak komputer, housekeeping, administrasi perkantoran, serta pembuatan roti dan kue.

Di samping itu, ia melanjutkan, ada paket pelatihan baru tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan perkantoran.

Helmy mengatakan bahwa setiap paket pelatihan, yang berlangsung 18 sampai 35 hari, dapat diikuti oleh 16 peserta.

Ia menginformasikan bahwa penyandang disabilitas juga bisa memanfaatkan paket-paket pelatihan yang disediakan oleh pemerintah pada 2024.

Menurut dia, Balai Latihan Kerja akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja serta komunitas penyandang disabilitas untuk memfasilitasi penyandang disabilitas mengakses program pelatihan berbasis kompetensi.

Warga Kota Pekalongan bisa memantau informasi mengenai pembukaan pendaftaran program pelatihan melalui akun Instagram @blkkotapekalongan.

"Kami komitmen akan memprioritaskan warga setempat secara bertahap untuk mendapatkan kesempatan bergabung dan tetap memfasilitasi on the job training khusus alumni BLK," kata Helmy.

Baca juga: Museum Batik sumbang Rp173 juta untuk PAD Kota Pekalongan

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024