Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bersama Kepolisian Resor Batang melakukan inspeksi mendadak pengecekan standar keselamatan transportasi di lokasi parkir Taman Safari Beach Batang, Rabu.

"Ya, kami mulai melakukan 'ramp check'. Hari ini, kami melakukan inspeksi mendadak mengecek beberapa bus pariwisata di lokasi wisata untuk mengetahui apakah memenuhi standar keselamatan penumpang atau tidak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Eko Widiyanto di Batang, Rabu.

Menurut dia, kegiatan "Ramp Check" bus itu untuk menindaklanjuti instruksi Kementerian Perhubungan di wilayah masing-masing.

"Oleh karena itu, 'ramp check' kami lakukan dalam rangka keselamatan transportasi pada masa libur sekolah serta menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," katanya.

Eko Widiyanto mengatakan pengecekan ini meliputi kondisi kesehatan sopir, kelengkapan administrasi, dan kondisi fisik armada bus yang merupakan hal utama keselamatan kendaraan angkutan umum.

"Kondisi fisik bus yang dicek seperti lampu harus menyala, alat pembersih kaca bus berfungsi baik, dan sistem pengamanan," katanya.

Ia mengatakan apabila dalam pengecekan itu ditemukan adanya kekurangan pada sarana transportasi maka akan direkomendasikan untuk diperbaiki dengan mengirim surat hasil "ramp check" pada pemilik perusahaan bus secara langsung agar segera ditindak lanjut.

"Selain sidak bus di lokasi wisata, kami juga telah melakukan 'ramp check' langsung ke perusahaan bus di daerah itu," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang pantau kenaikan harga komoditas pangan

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024