Kudus (ANTARA) - Universitas Muria Kudus (UMK) Jawa Tengah menggelar pelatihan pengembangan karakter dan pengembangan softskill mahasiswa sebagai upaya memberikan pengembangan mengenai kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

"Dengan pelatihan ini, tentunya bertujuan untuk membentuk mahasiswa agar memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai filosofi yang ada di UMK," kata Master of Trainer Dr Gudnanto SPd MPd Kons saat menjadi pembicara di hadapan mahasiswa semester I UMK di Aula Masjid Darul Ilmi UMK, Sabtu.

Ia berharap mahasiswa nantinya bisa menjadi orang yang jujur, bertanggung jawab, memiliki tujuan yang jelas, berpikiran terbuka, memiliki motivasi, memiliki daya juang tinggi, serta memiliki integritas.

"Dari semua itu, nantinya bisa lahir nilai-nilai dignity  atau bermartabat, quality atau berkualitas, dan integrity yakni berintegritas," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Dr Trubus Raharjo SPsi MSi menambahkan, usai diberikan dasar karakter, diharapkan karakter positif yang telah ditanamkan tidak berhenti hanya sebatas pada kegiatan tersebut.

Karena itu, katanya, selanjutnya akan ada monitoring serta evaluasi selama menjadi mahasiswa UMK.

"Monitoring akan dilakukan melalui observasi dan instrumen yang sesuai dengan materi yang diberikan. Salah satu instrumen melalui kuisioner yang diisi mahasiswa, yang nantinya adanya evaluasi ini akan ada implementasi dari karakter baik yang telah ditanamkan di dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa dan masyarakat," katanya.

Seluruh mahasiswa dari masing-masing program studi semester I UMK mengikuti "Master Training" selama satu hari penuh secara bergiliran selama rentang waktu pelaksanaan pelatihan.

Selama sehari penuh itu dilaksanakan beberapa sesi, dan dari masing-masing sesi diajarkan nilai-nilai positif yang langsung dipraktikkan dalam kegiatan inbound game, dengan didampingi oleh satu master of trainer empat trainer, dan 12 co-trainer. 

Baca juga: Universitas Muria Kudus gandeng Grab sediakan transportasi mahasiswa

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024