Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah telah memetakan sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di jalur pantura dan tol Batang-Semarang dalam persiapan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Wigiyadi di Batang, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendirikan satu pos pelayanan di Jalan Sudirman, dan pos pengamanan seperti di jalur pantura Kandeman, Roban, Warungasem, rest area KM. 379-A, dan rest area KM. 360-B.

"Langkah antisipasi tersebut telah kami siapkan untuk mencegah terjadinya kemacetan, terutama di area rawan kecelakaan lalu lintas kendaraan," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Unit Laka Iptu Ahyat mengatakan beberapa jalur rawan kecelakaan lalu lintas kendaraan seperti di KM.351 dan KM.359 sedang titik rawan kemacetan di jalur pantura Clapar.

Berdasar analisa, kata dia, kerawanan kecelakaan lalu lintas selain disebabkan kelalaian manusia (human error) juga karena faktor penerangan jalan yang masih minim.

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengelola tol agar segera memasang lampu penerangan jalan karena saat ini sudah mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Kemudian, untuk titik perhatian di jalur pantura yakni mulai perbatasan Kota Pekalongan-Batang hingga Kalikuto (Gringsing-Weleri) sepanjang 53 kilometer, serta titik rawan banjir di wilayah Tulis dan jalur pantura dekat Rumah Sakit QIM.

"Sesuai arahan dari Ditlantas Polda Jateng, H-3 Natal 2023 semua kendaraan sumbu tiga, kecuali truk pengangkut kebutuhan sembako dan BBM untuk sementara dihentikan mulai H-3 Natal 2023 hingga menyesuaikan kondisi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024