Boyolali (ANTARA) - Ratusan anggota TNI bersama Polri dan relawan menanam ratusan bibit pohon secara serentak di kawasan lereng Gunung Merapi dan Taman Nasional Gunung Merbabu Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis, untuk mencegah bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah itu.

Menurut Komandan Kodim 0724 Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo bahwa penanaman bibit pohon secara serentak tersebut merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), dalam rangka karya bakti di jajaran Kodim di seluruh TNI AD.

Dandim mengatakan penanaman bibit pohon untuk mencegah bencana alam akibat dari musim hujan mulai dari tanah longsor, banjir, erupsi Gunung Merapi, wabah penyakit demam berdarah dan wabah penyakit menular lainnya di areal tersebut.

Menurut Dandim pohon yang ditanam di lereng Gunung Merapi dan Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu tersebut sebanyak 550 bibit pohon yang kuat menahan erosi banjir serta tanah longsor di kawasan itu.

Dandim menjelaskan jenis bibit yang ditanam, yakni, pohon wilodo, gondang, beringin, puspo, pule, dan tesek. Dari bibit pohon tersebut tahan dari cuaca ekstrem dan kuat menahan erosi banjir serta tanah longsor.

Dia berharap, dengan penanaman bibit pohon tersebut dapat dipelihara dan tumbuh dengan baik serta dilakukan pengecekan sekurangnya dalam dua minggu sekali. Pihaknya meminta anggota Koramil Selo untuk melakukan pengecekan dua minggu sekali, sehingga tanaman tersebut dapat terpelihara dengan baik.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) Yulianto menjelaskan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0724 Boyolali yang telah melakukan karya bakti dalam penanaman bibit pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Menurut dia, pada lokasi penanaman pohon tersebut yakni di kawasan sumber mata air Babon sempat terjadi kebakaran hutan beberapa bulan yang lalu saat musim kemarau. Pihaknya mengucapkan terima kasih Kodim 0724 bersama jajarannya, yang telah ikut melestarikan hutan lindung di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Tepatnya di lokasi bekas kebakaran hutan beberapa waktu lalu.

Sukasno selaku tokoh masyarakat setempat menjelaskan penanaman pohon tersebut sangat tepat. Dimana, tidak lama lagi terjadi musim hujan. Dengan penanaman pohon ini, tentunya nantinya dapat mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir di daerah tersebut.

"Kami di lereng Merbabu sudah diingatkan saat hujan pertama waktu itu. Dimana sempat terjadi banjir bandang dari Gancik, karena hutannya sebagian gundul," katanya.

Dia berharap, dengan penanaman pohon tersebut tidak terjadi lagi banjir bandang susulan, dengan adanya penanaman pohon ini, dan mari selalu dijaga secara bersama-sama agar hutan ini, tetap terjaga dengan baik.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024