Cilacap (ANTARA) - Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dari unit Paraxylene meraih prestasi membanggakan pada program Komunitas Bergerak Pertamina, karena Kilang Paraxylene Cilacap (KPC) masuk 7 komunitas terbaik dengan berbagai program andalan.

Ajang yang dikaitkan Hari Ulang Tahun Ke-66 Pertamina itu membuka peluang bagi komunitas di seluruh unit Pertamina Group mengajukan program sosial yang berdampak positif bagi masyarakat. 

KPC menggabungkan 4 komunitas internal, yakni ParaxylenePlus, Partiar, PX Runner, serta PXCC yang mengakomodasi hobi dan aktivitas Perwira KPC untuk kemudian disalurkan pada kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

Section Head KPC Sisyani Edy Widodo mengatakan ParaxylenePlus merupakan Gugus Inovasi Karya sebagai platform yang menciptakan, mengumpulkan, dan mengintegrasikan ide serta konten berbagai komunitas yang menghubungkan donatur, relawan dan penerima manfaat. 

"Sedangkan PXCC merupakan komunitas pehobi bersepeda beranggota 85 orang sebagai promosi transportasi berkelanjutan, kesehatan, galang dana sosial, dan mengurangi jejak karbon," katanya di Cilacap, Rabu (22/11).

Selanjutnya PX Runner adalah komunitas pelari yang aktif menebar inspirasi hidup sehat dari tahun ke tahun. 

Baca juga: Kilang Cilacap boyong dua penghargaan TJSL KPI Group Awards 2023

"Adapun Partiar atau Paraxylene Berikhtiar adalah komunitas yang berkomitmen memberikan perubahan positif melalui aksi nyata. Di antaranya kajian, diskusi tentang etika atau moral, dan berbagai aksi sosial berlandaskan prinsip-prinsip agama," katanya.

Lebih lanjut, Sisyani mengatakan kolaborasi komunitas tersebut menghadirkan tiga program sosial, yakni GoodnessGether 4 Preloved People, Run4Resources, dan Wheels4Well. 

"Kolaborasi komunitas ini bertujuan mendukung program TJSL perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan yang memberikan manfaat, memantik, dan membangkitkan semangat Energizing your Movement, serta concern pada keberlanjutan dan transisi energi dalam penanganan perubahan iklim," katanya. 

Dengan tiga program andalan itulah, kolaborasi komunitas Perwira KPC berhasil masuk 7 besar komunitas terbaik dan berhak mendapatkan bantuan dana realisasi program senilai Rp66 juta. 

"Kami bersyukur dan bangga, usulan program ini disetujui panitia Komunitas Bergerak. Terima kasih teman-teman Perwira RU IV," kata Sisyani.

Baca juga: Ade Rai berbagi tip hidup sehat dan bugar kepada pekerja Kilang Cilacap
Baca juga: Pertamina-Kilang Cilacap berkolaborasi wujudkan Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 3 Cilacap
Baca juga: 24 atlet Bapor Silat RU IV Cilacap borong medali di Kejurnas Kemenpora RI 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024