Kudus (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan sekitar 800 paket kebutuhan pokok masyarakat yang di dalamnya terdapat beras dan gula yang dijual dengan harga murah untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan.

"Jumlah paket sembako murah yang kami sediakan memang tidak banyak karena disesuaikan dengan ketersediaan anggarannya," kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Minan Muchammad di Kudus, Jumat.

Ia mengungkapkan setiap paket sembako murah tersebut, berisi beras 5 kilogram, gula pasir 2 kg, minyak goreng 1 liter, bawang putih 500 gram, dan bawang merah 500 gram.

Setiap paket sembako tersebut, kata dia, harga jual di pasaran mencapai Rp200 ribu, namun karena disubsidi oleh pemerintah harga jualnya turun menjadi Rp100 ribu per paket.

Pelaksanaan pasar murahnya dijadwalkan akhir November 2023, sedangkan tempatnya di kompleks perkantoran Mejobo Kudus.

"Teknis pembeliannya nanti menggunakan kupon, sedangkan penerima merupakan warga yang tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," ujarnya.

Dengan adanya pasar murah tersebut, diharapkan harga jual beras maupun gula di pasaran bisa turun karena banyak warga yang sudah memiliki stok kebutuhan pokok.

Berdasarkan hasil pantauan di pasaran, harga jual beras IR 64 premium di pasaran sebesar Rp14.500/kg, sedangkan untuk kelas medium sebesar Rp13.000/kg.

Sementara itu harga jual gula pasir sebesar Rp16.500/kg, sedangkan bawang merah  Rp26.500/kg dan bawang putih kating  Rp34.000/kg. 

Baca juga: Sebanyak 1.204 keluarga sekitar Tol Semarang-Solo dapat sembako

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024