Purwokerto (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelorakan semangat wirausaha di era next normal melalui seminar nasional bertajuk "Indonesia Youth Movement: Meraih Sukses di Era Next Normal".

Seminar yang terselenggara atas kerja sama dengan Organisasi Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) itu digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu (4/11), serta diikuti sejumlah remaja termasuk mahasiswa dan pelajar dari berbagai SMA/SMK di Banyumas. 

Ketua Panitia Seminar Slamet Muridan MM mengatakan seminar tersebut penting dalam membentuk mental wirausaha pada generasi muda Banyumas.

"Seminar ini ditujukan untuk memotivasi dan mengembangkan jiwa wirausaha di kalangan remaja," katanya. 

Wakil Rektor IV UMP Bidang Riset, Inovasi, dan Publikasi Assoc Prof Akhmad Darmawan PhD menyambut hangat para peserta, tamu undangan, dan pemateri. 

Ia menyatakan kebanggaan UMP sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akreditasi unggul di Indonesia.

Baca juga: Rektor UMP raih penghargaan di ajang Indonesia Visionary Leader

"Selamat datang kepada para tamu undangan dan teman-teman remaja dari UMP, yang telah berada di peringkat akreditasi unggul di Indonesia. Selamat juga untuk para pemateri hebat yang hadir dalam seminar nasional ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas Drs Wahyu Dewanto MSi mengingatkan para remaja bahwa sukses dapat dicapai melalui usaha, ketekunan, dan semangat. 

“Seminar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan, menjadikan awal kerja sama yang berkelanjutan, serta memberikan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar. Saya percaya bahwa generasi muda adalah motor penggerak pembangunan di Kabupaten Banyumas," katanya.

Seminar nasional tersebut menghadirkan tiga pembicara utama, yaitu Assoc Prof Ahmad Darmawan PhD yang membawakan materi tentang pentingnya pemuda melanjutkan pendidikan tinggi; Sugeng Riyadi SE MSi yang berbicara mengenai wirausaha, mindset, mentalitas, dan pengembangan diri, serta Syafi'i Effendi MM yang memberikan wawasan tentang kewirausahaan.

Seminar nasional ini berhasil memberikan inspirasi dan wawasan berharga bagi generasi muda Banyumas dalam menghadapi masa depan di era next normal. Acara ini juga diharapkan menjadi tonggak awal bagi kolaborasi yang produktif dan berkelanjutan dalam memajukan daerah. (ppl/tgr)

Baca juga: Melindungi masa depan, menjaga anak bangsa
Baca juga: Merdeka Belajar Berkelanjutan dan konsep Kampus Merdeka Vokasi
Baca juga: Mahasiswa UMP raih juara I di Graha Padma Kejurprov Jateng

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024