Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terus berupaya mencari talenta-talenta muda berprestasi dalam olahraga sepak bola, salah satunya melalui ajang Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Cup Tahun 2023.

"Ini adalah sebuah kegiatan yang akan kita laksanakan setiap tahun untuk mencari talenta sepak bola," kata Kadindik Kabupaten Banyumas Joko Wiyono di Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Ia mengatakan hal itu usai menyerahkan piala kepada Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dindik Somagede yang menjadi Juara 1 Kadindik Cup Tahun 2023 Jenjang Sekolah Dasar setelah mengalahkan Korwilcam Dindik Sumbang melalui adu penalti dengan skor 2-1 di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto.

Selain sebagai salah satu pembinaan, kata dia, Kandindik Cup yang sudah dua tahun digelar itu juga sebagai ajang pencarian bibit-bibit unggul dalam olahraga sepak bola di Banyumas.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan dari Banyumas akan lahir pesepakbola seperti Pratama Arhan, Marselino Ferdinand, dan Asnawi Mangkualam yang bisa masuk level nasional maupun internasional.

"Final diselesaikan dengan adu penalti, itu artinya siapa pun juaranya hebat semua. Juara satu hebat, juara dua hebat," tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan Kadindik Cup juga menjadi salah satu komitmennya dalam menyelaraskan koordinasi antara sekolah sepak bola, sekolah, dan Dinas Pendidikan yang bermuara menghasilkan pesepakbola profesional. 

Oleh karena itu, dia berpesan agar semua peserta Kadindik Cup bisa terus memacu diri untuk bisa menjadi pesepakbola profesional. 

"Pastikan anak-anak ini anak yang terpatri terus, menjadi anak yang idealis, dan menjadi atlet yang luar biasa. Harapannya alumni Kadindik Cup bisa pentas di level internasional," kata Joko.

Sementara itu, Ketua Kadindik Cup Tahun 2023 Pujiono mengatakan ajang yang digelar pada 25-26 Oktober tersebut diikuti oleh 27 Korwilcam Dindik se-Banyumas.

Menurut dia, tim yang menjadi juara dalam ajang Kadindik Cup Tahun 2023 mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan pembinaan.

"Juara 1 mendapatkan piala dan piagam serta uang pembinaan Rp2 juta, Juara 2 mendapatkan uang pembinaan Rp1,5 juta beserta piala dan piagam, serta uang sebesar Rp1.250.000 untuk Juara 3 bersama, yaitu dari Korwilcam Patikraja dan Karanglewas," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024