Purwokerto (ANTARA) - Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 bakal hadir di Menara Pandang "Teratai" Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai ajang untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

"Festival yang akan berlangsung serentak di Purwokerto, Semarang, Solo, Pasuruan, Sidoarjo, dan Madiun pada hari Sabtu (28/10) ini diinisiasi oleh berbagai komunitas anak muda yang tergabung dalam 76 Heppiii Community," kata Koordinator 76 Heppiii Community Ronald Theo Lesmana dalam keterangan di Purwokerto, Kamis

Menurut dia, peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum yang tepat untuk menggelorakan kembali kebangkitan generasi muda dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Oleh karena itu, kata dia, Festival IAK 2023 akan menghadirkan berbagai macam kreasi, keterampilan, dan beragam kolaborasi yang melibatkan generasi muda di enam kota terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan.

Melalui Festival IAK 2023, lanjut dia, pihaknya ingin mendorong generasi muda khususnya di wilayah perkotaan untuk berkreasi, berkarya, dan menjadi bagian dari kemajuan Indonesia.

"Generasi muda adalah harapan bangsa, masa depan bangsa ini adalah masa depan mereka juga, karena Indonesia bukan tentang seberapa banyak gedung-gedung bertingkat, bukan tentang seberapa banyak pulau-pulau. Tetapi, Indonesia adalah tentang seberapa banyak pribadi-pribadi yang mencintai bangsa ini karena Indonesia Adalah Kita," katanya.

Ia mengatakan Festival IAK 2023 yang mengusung slogan (tagline) "Stop Bodo Aman, Jadilah Manfaat, Stop Gengsi, Banyakin Aksi" itu akan diramaikan dengan hiburan musik yang menampilkan sejumlah grup band nasional dan daerah.

Selain itu, kata dia, di setiap kota juga akan digelar berbagai aktivitas seperti panggung kesenian daerah, bazar UMKM kuliner dan produk kreatif, lomba kreasi mural/grafiti, eksibisi komunitas BMX, skateboard, serta b-boy/street dance untuk mewadahi kreativitas generasi muda di wilayah itu.

"Generasi muda adalah harapan dan masa depan bangsa, terutama generasi muda di perkotaan yang sudah akrab dengan digitalisasi, membuat hampir semua anak-anak muda di berbagai kota dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya," katanya.

Oleh karena itu, Ronald mengharapkan Festival IAK 2023 dapat mendorong peningkatan keterampilan, kreativitas, inovasi, serta kolaborasi di antara generasi muda.

Baca juga: RRI ajak generasi muda peringati Sumpah Pemuda melalui FPN 2023

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024