Purwokerto (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammaddiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara The 18th University Research Colloquium (Urecol) yang diikuti oleh peneliti, dosen, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan para aktivis di Aula Syamsuhadi Irsyad UMP, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (14/10). 

UMP yang dipilih menjadi tuan rumah acara The 18th URECOL itu mendapat dukungan penuh dari Konsorsium LPPM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kegiatan The 18th Urecol yang bertajuk "Pengembangan Sumber Daya Menuju Masyarakat Mandiri Berbasis Inovasi Dan Ipteks" itu diikuti oleh 290 presenter yang memaparkan hasil penelitian mereka. 

Dalam kesempatan itu, Ketua LPPM UMP Prof. Dr. Sri Wahyuni, S.E., M.Si menyampaikan terima kasih kepada tiga narasumber yang luar biasa pada acara The 18th Urecol.

Baca juga: Program Organisasi Penggerak wujudkan pendidikan aman dan inklusif

"Terima kasih kepada Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D. dari Unsoed, Prof. Dr. Suwarno, M.Si. dari UMP, serta Wahyudi Setiawan, S.S., S.H., M.H. selaku Komisaris Utama CMM Corp Depok yang sudah bersedia hadir dan berkenan membagikan ilmu kepada peserta semuanya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Konsorsium LPPM PTMA Se-Jawa Tengah dan DIY Prof Sardjito mengharapkan Urecol tersebut nantinya tidak hanya berbahasa Indonesia juga menggunakan bahasa Inggris. 

"Harapannya agar Urecol ke depan khususnya dari PTM bisa difasilitasi untuk memperbanyak publikasi internasional dan bukan Indonesia atau nasional saja yang mendominasi," tegasnya.  

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UMP Bidang Riset Inovasi dan Publikasi Assoc. Prof. Akhmad Darmawan, Ph.D. mengatakan hasil penelitian wajib disebarluaskan dengan cara diseminarkan, dipublikasikan, dan/atau dipatenkan. 

"Salah satu Muhammadiyah berkemajuan, yaitu dari universitas, karena dengan universitas kita bisa melakukan satu aktivitas yang biaa memberikan kemanfaatan lebih bagi bangsa dan negara," katanya. (ppl/tgr)

Baca juga: Pendekatan holistik untuk pencegahan kekerasan di sekolah
Baca juga: Mahasiswa Psikologi UMP sabet juara 1 lomba penelitian

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024