Solo (ANTARA) -
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ingin mendatangkan banyak wisatawan melalui gelaran Solo Great Sale (SGS) 2023  pada 1-31 Oktober. 
 
Ketua Kadin Surakarta Ferry Septha Indrianto di Solo, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan kali ini SGS menawarkan empat konsep, salah satunya festival wisata.
 
Ia mengatakan Kadin berkomitmen untuk menggarap peluang pariwisata yang tercipta seiring dengan program 17 pembangunan prioritas yang dicanangkan oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. 
 
"Bagaimana SGS 2023 beriringan dengan program tersebut. Oleh karena itu, sektor pariwisata harus diciptakan lebih agresif lagi," katanya. 
 
Menurut dia, program wisata digaungkan dengan promosi paket wisata yang melibatkan ASITA, PHRI, dan instansi terkait. 
 
"Kami buat, kami ciptakan secara masif. SGS ini hanya titik awal, harapannya ke depan bisa terus jalan dan dikembangkan," katanya. 
 
Menurut dia, daya beli masyarakat harus diciptakan dengan program diskon. Dalam hal ini, dikatakannya, asosiasi terkait sudah duduk bersama untuk melakukan koordinasi.
 
"Mereka menyambut baik, kami juga door to door ke mal agar tercipta (koordinasi yang baik, Red.). Kami hanya minta satu bulan dari 12 bulan. Semua harus kompak, dalam momentum SGS ini semua perbedaan dihilangkan. Stakeholder, dunia usaha, pemerintah harus bersatu padu dalam SGS 2023," katanya. 
 
Salah satu panitia SGS Daryono mengatakan, selain wisata, tiga festival lain yang menjadi klaster SGS kali ini yakni festival belanja, festival event, dan festival dunia usaha.
 
"Seperti misalnya festival dunia usaha, nanti tanggal 4-8 Oktober akan ada SGS mebel sale di Pendapi Gede dan halaman Balai Kota Surakarta," katanya. 
 
Ia mengatakan konsep festival dunia usaha bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan para pelaku usaha sentra agar menggarap peluang usaha di Kota Solo dan sekitarnya.
 
Sedangkan festival belanja memiliki tujuan untuk mendorong suasana belanja benar-benar terasa selama pelaksanaan SGS 2023. Dengan begitu dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk berbelanja di penyelenggaraan SGS ini.
 
Selanjutnya, festival event bertujuan untuk mendorong diselenggarakan berbagai kegiatan di kota Solo selama penyelenggaraan SGS 2023. 
 
"Sekaligus festival ini menjadi daya tarik wisata ke Kota Solo," katanya.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024