Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran satu hektare lahan di lereng kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu blok Hutan Spekta Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, telah dijinakkan dalam waktu 85 menit.

Menurut laporan staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Ashadi, dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Kamis, pemadaman bersama tim gabungan menggunakan alat-alat seadanya seperti sekop, parang, cangkul dan sabit.

Upaya tersebut kemudian membuahkan hasil. Dalam waktu kurang dari 90 menit atau pada pukul 19.25 WIB api dapat ditaklukkan. “Alhamdulillah sudah padam jam 19.25 WIB,” ujar Ashadi.

Ashadi mengungkapkan titik api pertama kali terpantau pada pukul 18.00 WIB. Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan dengan luas kurang lebih satu hektare terjadi di lereng Gunung Merbabu sejak Selasa (26/9).

Api kemudian merambat dan menyebar ke segala penjuru, diketahui pada pukul 18.00 WIB.

Terkait penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut sampai saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut, kata Ashadi.



 

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024