Solo (ANTARA) -
Sebanyak 164.226 orang melakukan perjalanan melalui PT KAI Daop 6 selama periode libur HUT ke-78 RI, yakni Rabu-Minggu (16-20/8).
 
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di Solo, Minggu mengatakan dari total tersebut jumlah penumpang datang tercatat sebanyak 84.068 orang dan jumlah keberangkatan sebanyak 80.158 orang.
 
"Untuk puncak keberangkatan terjadi pada hari ini, di mana jumlah pelanggan KA mencapai 20.369 pelanggan. Sedangkan Hari Kamis (17/8) menjadi puncak kedatangan di mana jumlah pelanggan mencapai 19.988 orang," katanya. 
 
Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman kepada para pelanggan selama periode tersebut, pada tanggal 17 Agustus pihaknya memberikan kejutan berupa suvenir kepada para pelanggan yang bernama Agus.
 
"Pelanggan dengan nama Agus juga diajak untuk bermain berhadiah," katanya.
 
Selain itu, dikatakannya, para petugas KAI Daop 6 di stasiun juga mengenakan pakaian tematik pejuang agar pada hari perayaan HUT ke-78 RI di stasiun menjadi makin meriah dan menarik.
 
Sementara itu, pihaknya hingga saat ini juga masih terus melakukan sosialisasi di perlintasan sebidang untuk memastikan perjalanan KA lancar, aman, nyaman, dan selamat.
 
"Sosialisasi dilakukan oleh Manajemen Daop 6 dengan menggunakan pakaian adat agar dapat menarik perhatian pengguna jalan sehingga pesan keselamatan dapat tersampaikan dan menambah awareness (kepedulian) masyarakat terhadap keselamatan di perlintasan sebidang," katanya.
 
Pihaknya juga mengingatkan kepada para penumpang mulai 3 Agustus 2023, Daop 6 Yogyakarta sudah memberlakukan aturan bagi penumpang yang dengan sengaja melebihi relasi yang tertera pada tiketnya, berupa sanksi denda hingga sanksi tidak diperkenankan naik kereta api sementara waktu sesuai dengan aturan yang berlaku.***1***
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024