Boyolali (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menggelar Jambore Anak V 2023 dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional XXX, sekaligus Hari Anak Nasional, di Bumi Perkemahan Indraprastha Kecamatan Gladagsari,Jumat.

Jambore dengan tema "Swakarya Yuwana Nusantara" tersebut dihadiri Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, Ketua TP PKK Desy M. Said Hidayat, Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, Sekda Kabupaten Boyolali, Masruri beserta jajaran Kepala OPD selama tiga hari mulai Jumat (21/7) hingga Ahad (23/7).

Menurut Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali Ratri S Survivalina Swakarya Yuwana Nusantara tersebut memiliki arti karya anak muda Nusantara.

Karena di puncak acara ini diharapkan akan terselip pesan sekaligus semangat agar generasi muda dapat menghasilkan berbagai karya dan kontribusi bagi Nusantara untuk menyongsong era usai pandemi COVID-19.

Selain itu, kata Ratri, melalui tema tersebut juga diharapkan dapat merepresentasikan komitmen Forum Anak Boyolali sebagai wadah partisipasi anak sekaligus mitra dari pemerintah dalam menyongsong dan turut berkontribusi dalam pembangunan berbasis hak anak.

"Hak anak yang dimanifestasikan dengan dukungan terhadap berbagai bentuk intervensi pencegahan stunting serta perkawinan usia anak sebagai isu untuk mewujudkan Kabupaten Boyolali yang layak anak. Kegiatan ini, juga berupaya untuk melestarikan kebudayaan yang diwujudkan dalam Boyolali Kaya Cerita," katanya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M Said Hidayat mengapresiasi kegiatan Jambore Anak V 2023. Bupati menekankan pada semangat nilai-nilai Pancasila untuk menjadi dasar dalam kehidupan sehari hari.

"Ini adalah bagian dari generasi ke depan yang memang harus dipersiapkan untuk meneruskan laju pembangunan di Kabupaten Boyolali. Anak-anak yang penuh kreativitas inovatif dan lain sebagainya," kata Bupati.

Kegiatan Jambore Anak V Tahun 2023 ini berlangsung selama tiga hari dengan diisi berbagai kegiatan. Antara lain, pagelaran wayang kulit, kegiatan kompetisi, kegiatan malam keakraban, penganugerahan kejuaraan Jambore Anak V Tahun 2023 dan lain sebagainya.

Jambore Anak V tahun ini, diikuti ratusan siswa dari SMP hingga SMA se-Kabupaten Boyolali.*

Baca juga: Pramuka Kudus kirim tujuh anggota ikuti jambore dunia di Korsel

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024