Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum langsung memperbaiki kerusakan jalan di perlintasan kereta api (KA) Madukoro pascakecelakaan yang terjadi antara KA Brantas dengan truk trailer, Selasa (18/7) lalu.

Kepala DPU Kota Semarang Sih Riaung, di Semarang, Jumat, mengatakan pihaknya bergerak cepat untuk menangani kerusakan jalan di sekitar perlintasan sebidang KA di Madukoro, Semarang.

Perbaikan, kata Anung, sapaan akrab Rianung, dilakukan dengan pengaspalan di jalan sekitar rel untuk memberikan kenyamanan pada para pengguna jalan dan tidak menimbulkan kemacetan.

Tidak hanya di perlintasan sebidang Madukoro, ia mengatakan DPU Kota Semarang juga melakukan perbaikan jalan di perlintasan sebidang Puri Anjasmoro.

"Kami gunakan anggaran perbaikan jalan untuk menangani kerusakan jalan di perlintasan rel Madukoro dan Puri Anjasmoro. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk perbaikan ini," katanya.

Menurut dia, pekerjaan perbaikan jalan sebenarnya rutin dilakukan DPU Kota Semarang, dengan menyisir ruas-ruas jalan yang ada di Kota Atlas yang menjadi kewenangan Pemkot Semarang.

Selain di perlintasan sebidang Madukoro dan Puri Anjasmoro, Anung mengatakan DPU Kota Semarang juga terus menyisir ruas-ruas jalan yang membutuhkan perbaikan, apalagi Kota Semarang akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023.

"DPU Kota Semarang juga sedang menyisir kerusakan di jalan-jalan lain. Apalagi, dalam waktu dekat ini Kota Semarang akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Anak Nasional 2023," katanya.

Seiring peringatan HAN 2023, kata dia, akan ada kegiatan seremonial maupun kegiatan pendukung yang akan menyemarakkan acara yang puncaknya digelar pada 23 Juli mendatang di Lapangan Simpang lima Semarang.

"Dimungkinkan akan ada banyak tamu yang datang ke Kota Semarang. Jadi, kami tidak ingin ada keluhan tentang kerusakan jalan. Informasinya, Pak Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi juga direncanakan hadir dalam acara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023," katanya.

Sebelumnya, KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar PP menabrak sebuah truk trailer di perlintasan sebidang di Jalan Madukoro, Semarang, Selasa (18/7), yang membuat kepala dan ekor gandengan sempat terjepit di jembatan rel di atas Sungai Banjir Kanal Barat itu.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang juga diwarnai ledakan dari truk tersebut, baik dari masinis, sopir truk, maupun penumpang KA. Sedangkan bagian truk yang terjepit di jembatan juga sudah dievakuasi.

Baca juga: Temanggung bentuk enam tim penambal lubang jalan hadapi Lebaran

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024