Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  berharap Pekan Olahraga Nasional Ke-16 Korps Pegawai Republik Indonesia tahun 2023 menjadi ajang mempererat kekompakan di kalangan aparatur sipil negara (ASN) sekaligus berdampak positif bagi pariwisata serta perekonomian di Jateng.

“Yang penting kekompakan persatuan ASN kemudian kita mengejar prestasi,” kata Ganjar usai pembukaan Pornas Korpri XVI/2023 di Kompleks Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jumat (14/7) malam.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pornas Korpri XVI/2023, Ganjar berkomitmen memberikan yang terbaik kepada kontingen peserta dari beberapa provinsi di Indonesia.

Selain menyiapkan segala hal terkait pelaksanaan Pornas Korpri XVI/2023, ia juga siap memanjakan para tamu untuk bisa berwisata di Jateng.

“Kalau ada yang kurang pas tolong ditelepon biar kami belajar layani bapak-ibu sekalian. Tugas kami sebagai tuan rumah melayani, maka kami tawarkan tempat destinasi, tempat kuliner, agar kawan-kawan yang hari ini kumpul di Kota Semarang kerasan, terhibur, kompetisi bisa menyenangkan,” ujarnya.

Ganjar juga mendorong para ASN untuk bisa berinovasi sebagai pelayan masyarakat melalui Pornas Korpri XVI/2023.

"Jadi akan banyak inovasi-inovasi yang mudah-mudahan akan bisa kita kerjakan," ujarnya.

Pembukaan Pornas Korpri XVI/2023 dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, dan Ketua Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakhrulloh. 

Pornas Korpri XVI/2023 yang digelar pada 13-23 Juli 2023 diikuti 101 kontingen yang berasal dari 38 provinsi seluruh Indonesia, 27 kementerian dan 37 lembaga RI sehingga total ada sebanyak 4.527 atlet yang sudah terdaftar, 564 pelatih, dan 671 ofisial. 

Pornas Korpri XVI/2023 akan mempertandingkan 10 cabang olahraga serta memperebutkan 54 medali emas, 54 medali perak, dan 71 perunggu.


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024