Brebes (ANTARA) - Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar Jawa Tengah melakukan kegiatan sosialisasi dengan menggelar pelatihan pembuatan telur asin asap khas Kabupaten Brebes, yang jberlangsung di Jatibarang, Kabupaten Brebes.
Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jateng Putri Meilani menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut sebagai wadah sosialisasi antarmasyarakat, serta melestarikan menu kuliner yang sudah melegenda di Kabupaten Brebes.
"Pelatihan pembuatan telur asin asap kami gelar dalam rangka melestarikan kuliner khas Brebes, serta kami ingin bersilaturahmi dengan kalangan perempuan yang ada di Brebes," ujarnya.
Sebagai langkah awal dari pelatihan tersebut, Srikandi Ganjar Jateng membekali peserta pelatihan mengenai proses produksi pembuatan telur asin asap yang berkualitas yang didampingi oleh mentor berpengalaman.
“Pelatihan kami awali dengan proses produksinya terlebih dulu seperti pembuatan adonan dari garam, batu bata merah dan abu gosok, menyiapkan telur bebeknya yang direbus hingga matang. Kemudian ditaburi adonan itu selama beberapa hari hingga akhirnya diasapkan hingga kecoklatan," ujarnya.
Ia menyebut kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Srikandi Ganjar Dukung UMKM, dimana nantinya para peserta akan terus didampingi dan diberikan bantuan fasilitas maupun keterlibatan dalam membuka usaha dalam setiap kegiatan yang dilakukan pihaknya.
"Ini akan kami atur ke dalam program Srikandi Ganjar Jateng dukung UMKM, bagaimana mereka bisa bewirausaha dan mandiri secara finansial, dengan kondisi sekarang tentu sangat memungkinkan," kata Putri.
Dirinya berharap perempuan Jawa Tengah semakin berinovasi menemukan menemukan tren yang baru dalam mengolah maupun memasarkan telur asin khas Brebes sehingga bisa dikenal lebih luas.“Harapannya ada output secara objektif yang bisa dirasakan perempuan milenial di Brebes, kami ingin mereka berinovasi dan berdaulat secara kemandirian," ujarnya.
Selanjutnya, Putri sudah mempersiapkan sejumlah agenda, salah satunya menggelar pelatihan seni ukir khas Kabupaten Jepara.
"Kami akan menggali kemampuan perempuan berbasi potensi yang ada di wilayah tersebut, salah satunya dengan menggelar pelatihan ukiran di Kabupaten Jepara yang terkenal dengan kesenian dan tradisi seni ukirnya," kata Putri.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024