Banyumas (ANTARA) - Kepolisian Sektor Sokaraja, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Jawa Tengah, berhasil masuk dalam nominasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Award 2023 untuk kategori Polsek Terbaik Kelompok A.

"Alhamdulillah, kami masuk lima besar untuk kategori Polsek Kelompok A. Kami tidak menyangka bisa menjadi nomine Polsek terbaik se-Indonesia," kata Kepala Polsek Sokaraja Ajun Komisaris Polisi Soetrisno di Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan Surat Keputusan Tim Juri Kompolnas Award Nomor KEP/09/06/2023 terdapat lima Polsek yang menjadi nomine untuk Kelompok A, yakni Polsek Sokaraja, Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah; Polsek Belitang III, Polres OKU, Polda Sumatera Selatan; Polsek Sunggal, Polrestabes Medan, Polda Sumatra Utara; Polsek Sota, Polres Merauke, Polda Papua; dan Polsek Wattang Sawito, Polres Pinrang, Polda Sulawesi Selatan.

Sementara untuk lima Polsek yang menjadi nomine untuk Kelompok B terdiri atas Polsek Lolak, Polres Bolmong, Polda Sulawesi Utara; Polsek Miomaffo, Polres Timor Tengah Utara, Polda Nusa Tenggara Timur; Polsek Satui, Polres Tanah Bambu, Polda Kalimantan Selatan; Polsek Sewaru, Polres Maluku Barat Daya, Polda Maluku; dan Polsek Tanjung Pinang Timur, Polresta Tanjung Pinang, Polda Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Kompolnas, sehingga pihaknya setiap hari bekerja seperti biasa untuk mengayomi, melayani, dan melindungi masyarakat.

"Yang penting bagaimana polisi hadir di tengah masyarakat, dan alhamdulillah bisa dapat predikat seperti ini," tegasnya.

Dalam menjalani rutinitas kegiatan kepolisian setiap hari, kata dia, pihaknya selalu berlandaskan dengan niat ibadah serta mengabdi kepada negara serta menjadikan penyelesaian perkara di Polsek Sokaraja tuntas 100 persen.

Sementara dari sisi personel Polsek Sokaraja yang berjumlah 33 orang, lanjut dia, murni tanpa adanya pelanggaran disiplin maupun kode etik.

"Bahkan semua anggota di sini baik-baik karena kami sebagai teladan masyarakat," jelasnya.

Menurut dia, Polsek Sokaraja juga telah menghadirkan berbagai inovasi pelayanan kepada masyarakat seperti Go Bhabin, Jumat Curhat, Police Goes to School, dan Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Surat Kehilangan secara jemput bola.

Ia mengatakan dalam hal layanan Call Center Aduan melalui Pemerintah Kabupaten Banyumas maupun fasilitas Pengaduan Masyarakat (Dumas), Polsek Sokaraja merupakan wilayah yang tercepat memberikan pelayanan, sehingga mendapat penghargaan dari Bupati Banyumas.

Dengan berbagai program yang telah dilaksanakan Polsek Sokaraja, kata dia, hal itu menjadikan masyarakat memandang polisi betul-betul mengayomi, melayani, dan melindungi masyarakat serta hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan.

Ia pun menyampaikan terima kasih atas bimbingan, arahan, dan petunjuk pimpinan yang telah mengantarkan Polsek Sokareja masuk dalam nominasi Kompolnas Award 2023.

"Apa pun yang telah kami berikan kepada masyarakat, yang kami hadirkan di tengah masyarakat adalah sosok polisi yang hadir mewakili negara. Kalau dulu mindset-nya (pola pikirnya, red.) polisi ditakuti anak-anak, insya Allah sekarang tidak ada," kata AKP Soetrisno.

Terkait dengan nominasi tersebut, dia mengatakan Komisioner Kompolnas RI Albertus Wahyurudhanto beserta rombongan telah mengunjungi Polsek Sokaraja pada hari Jumat (9/6) untuk melakukan pengecekan data administrasi dengan fakta di lapangan.

Hasil visitasi tersebut akan dirapatkan dengan dewan juri di Jakarta dan perangkingannya diumumkan pada tanggal 21 Juni 2023. 

Baca juga: Kompolnas turun tangan supervisi kasus pembunuhan Iwan Budi

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024