Cilacap (ANTARA) - General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengajak para Perwira Pertamina menjadi contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Saat membacakan amanat Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pada upacara Hari Lahir Pancasila di lapangan Donan, depan Head Office (HO) RU IV Cilacap, Kamis (1/6), Edy mengingatkan para Perwira untuk terus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, dan mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan. 

"Aktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan dalam bekerja sehari-hari, serta memberikan layanan kepada masyarakat dan bangsa," tegasnya.

Lebih lanjut dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, pihaknya mengingatkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah melakukan transformasi bisnis dari energi fosil menuju energi baru terbarukan. 

"Dalam transformasi tersebut, selain didasari asas Pancasila, kita tetap harus berlandaskan pada tata nilai AKHLAK," katanya.

Baca juga: Pelari-pesepeda Pertamina Cilacap lakukan olahraga dan baksos di Nusakambangan

Menurut dia, tema Hari Lahir Pancasila 2023 "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" sejalan dengan visi Pertamina menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia. 

Di mana dalam 4 tahun terakhir, Pertamina tetap di Global Fortune 500 company dan posisinya terus meningkat. 

"Saat ini Pertamina di urutan 223, naik 64 peringkat dari tahun sebelumnya," tegasnya. 

Edy mengatakan Pertamina juga mengadopsi ukuran kinerja global yaitu Environmental, Social, Governance (ESG) dan menempati peringkat kedua dunia kategori industri integrated oil and gas, menjadi pencapaian luar biasa. 

"Ini adalah kerja keras kita semua, karena setiap elemen berkontribusi agar Pertamina menjadi Perusahaan Kelas Dunia," ungkapnya.

Upacara tersebut diikuti Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Hermawan Budiantoro, tim manajemen, dan Perwira PT KPI RU IV Cilacap.

Baca juga: Kilang Cilacap berikan pelatihan sistem pertanian terpadu bagi warga Kutawaru
Baca juga: Pegiat Proklim binaan Kilang Cilacap raih penghargaan Perempuan Berjasa se-Jateng

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024