Cilacap (ANTARA) - Pegiat Program Kampung Iklim (Proklim) binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah.  

Penganugerahan dalam rangka Hari Kartini itu dilakukan di Gedung Dharma Wanita, Semarang, Selasa (23/5), dan penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo kepada 35 penerima dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. 

Salah seorang penerima penghargaan adalah Kasiatun, warga Kelurahan Tegalreja RT 01 RW 03, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Penghargaan itu diberikan kepada Kasiatun sebagai perwakilan dari Kelurahan Tegalreja.

Penghargaan dibagi menjadi 5 kategori yang terdiri atas bidang kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, pendidikan, dan pertanian. Adapun Kasiatun menerima penghargaan bidang lingkungan hidup, karena selama ini sukses berkiprah di bidang seni ecoprint. 

Area Manager Communication, Relations and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan penghargaan tersebut sebagai bukti komitmen perusahaan dalam pembinaan dan pendampingan masyarakat. 

Baca juga: Pertamina bagikan 2.000 paket sembako untuk warga Cilacap dan Banyumas

"Kami sampaikan selamat kepada Ibu Kasiatun, sudah membawa nama baik khususnya Kelurahan Tegalreja, dan umumnya Kabupaten Cilacap sekaligus PT KPI RU IV. Ini juga menjadi kebanggaan untuk kami," katanya.

Ia mengharapkan penghargaan tersebut akan semakin memacu semangat Kasiatun dalam menyebarluaskan ilmu yang sudah dimiliki, khususnya bidang seni ecoprint. 

"Ecoprint menjadi salah satu bidang UMKM yang menjanjikan. Keunggulan seni ecoprint ini adalah ramah lingkungan, karena memanfaatkan sampah-sampah daun yang berserakan," jelasnya.

Sementara dalam keterangannya, Kasiatun mengapresiasi keberadaan PT KPI RU IV yang selalu hadir mendampingi dan membimbing dirinya selama ini. 

"Terima kasih kepada PT KPI RU IV dan Pemkab Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup. Kami sangat bersyukur, penghargaan ini semakin meningkatkan semangat kami berbuat yang lebih baik lagi untuk lingkungan," tegasnya.

Baca juga: Lomba snack tower balon warnai HUT PWP Pertamina Cilacap
Baca juga: Kilang Cilacap gelar pemeriksaan kesehatan gratis

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024