Semarang (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang memfasilitasi sekitar 12 persen milenial sebagai bakal calon anggota legislatif dari total 50 bacaleg yang didaftarkan untuk DPRD Kota Semarang.

"Pada hari Senin, tanggal 8 Mei ini PKS Kota Semarang mendaftarkan 50 bacaleg, artinya 100 persen kuota yang ada di DPRD Kota Semarang," kata Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono di Semarang, Senin.

Ditemui saat pendaftaran bacaleg di Kantor KPU Kota Semarang, Suharsono menyebutkan partainya mengakomodasi seluruh potensi yang ada, baik laki-laki maupun perempuan, termasuk afirmasi milenial.

"Ada milenial sekitar 12 persen. Kami juga tidak bisa memungkiri bahwa potensi milenial cukup besar. Tentunya afirmasi milenial menjadi hal perhatian bagi PKS," katanya.

Bahkan, PKS menargetkan setidaknya ada satu bacaleg milenial yang lolos pada Pemilu 2024 dari 12 persen kuota milenial yang didaftarkan.

Untuk keterwakilan perempuan, dia memastikan sudah memenuhi persyaratan minimal 30 persen sebab dari 50 bacaleg yang didaftarkan, sebanyak 15 orang di antaranya adalah perempuan.

"Komposisi 35 laki-laki dan 15 perempuan. Artinya, 30 persen kuota perempuan sudah tercukupi," katanya.

Mengenai pemilihan tanggal pendaftaran, kata dia, memang sengaja dipilih tanggal 8 karena berbagai pertimbangan, dan ternyata parpol pertama yang mendaftarkan bacalegnya di KPU Kota Semarang.

"Alhamdulillah, pertama di Kota Semarang. Ya, semoga menjadi yang pertama. PKS menjadi partai yang (nomor, red.) pertama perolehannya di Kota Semarang. Harapan kami begitu," katanya.

Suharsono menargetkan tambahan perolehan kursi di DPRD Kota Semarang pada Pemilu 2024, yakni dari periode sekarang enam kursi menjadi 9—10 kursi pada periode mendatang.

"Incumbent (dari PKS, red.) yang maju ada empat di Kota Semarang. Yang dua naik ke provinsi, yakni Pak Johan (Rifai) dan Pak Afif (Muhammad Afif) Ketua DPW PKS Jawa Tengah," pungkas Suharsono.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan bahwa PKS merupakan parpol yang pertama mendaftarkan bacaleg sejak pendaftaran pada tanggal 1 Mei lalu.

"Alhamdulillah, hari ini perdana PKS mendaftar. Tadi datang jam 2 (pukul 14.00 WIB, red.) menyerahkan berkas. Seperti biasa, kami melakukan verifikasi terhadap syarat pencalonan, syarat calon melalui aplikasi Silon," kata Nanda, sapaan akrabnya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024