Purwokerto (ANTARA) - M Djohar AS terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas dalam Musyarawah Daerah Muhammadiyah Banyumas Periode Muktamar 48 bertajuk "Memajukan Banyumas, Mencerahkan Semesta" yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu-Minggu (6-7/5).

Sementara posisi Sekretaris PDM Banyumas dipercayakan kepada Muhammad Aminudin, sedangkan Casiwan Haryo S mendapat amanah sebagai Bendahara PDM Banyumas.

Pemilihan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PDM Banyumas itu dilakukan oleh 13 formatur yang telah dipilih dalam Musda Muhammadiyah Kabupaten Banyumas.

Dalam hal ini, 13 orang yang terpilih sebagai formatur menggelar rapat pada Minggu (6/5) untuk menentukan Ketua beserta Sekretaris PDM Kabupaten Banyumas Periode Muktamar 48 dan hasilnya diumumkan di arena musda pada hari itu juga.

Berdasarkan data, M Djohar AS merupakan dosen di UMP dan tercatat sebagai warga Desa Ledug RT 04 RW 05, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Baca juga: UMP jadi tuan rumah Musda Muhammadiyah-Aisyiyah Banyumas

Pria yang sebelumnya dipercaya sebagai Sekretaris PDM Kabupaten Banyumas Periode Muktamar 47 itu memiliki riwayat pendidikan yang dimulai dari MI Muhammadiyah Kramat Kembaran, Pondok Pesantren Gontor Ponorogo, dan MA Muhammadiyah Purwokerto.

Selanjutnya, Djohar menyelesaikan S1 di IKIP Muhammadiyah Purwokerto yang sekarang menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan S2 di Uhamka Jakarta.

Selain sebagai anggota PDM Muhammadiyah Banyumas, dia juga diketahui aktif di Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah karena pernah dipercaya sebagau Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Daerah Banyumas, Ketua Pemuda Muhammadiyah Banyumas, dan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banyumas.

Sementara di luar Muhammadiyah, M Djohar AS juga aktif di berbagai kegiatan seperti pernah sebagai Ketua MKKS SMP Kabupaten Banyumas, Pimpinan Umum Jurnal Ilmiah Paedagogi, Ketua Komisi Ukhuwah MUI Banyumas periode 2020-sekarang, Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2020-2025, dan Dewan Pendidikan Banyumas periode 2022-2027. (Tgr)

Baca juga: Tiga mahasiswa UMP lolos beasiswa IISMA 2023
Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto gelar halalbihalal bersama Ketua PWM Jateng

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024