Purwokerto (ANTARA) - Layanan Samsat BUMDes Digital Mandiri (Samsat Budiman) Desa Sikanco, Kabupaten Cilacap, berhasil meraih predikat Samsat Budiman terbaik se-Jawa Tengah meskipun belum lama beroperasi, kata Kepala Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Cilacap Alimin Suprayitno.

"Samsat Budiman merupakan bentuk kerja sama Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan badan usaha milik desa (BUMDes). Tujuan Samsat Budiman ini untuk memudahkan masyarakat, khususnya di desa dalam membayar pajak kendaraan," katanya dalam keterangan yang diterima di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat malam.

Menurut dia, program layanan Samsat Budiman berupa pelayanan secara daring berbasis website yang memudahkan wajib pajak kendaraan bermotor mendapatkan pelayanan pajak kendaraannya.

Alimin mengatakan bahwa transaksi wajib pajak di Samsat Budiman Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, sangat tinggi meskipun baru diaktifkan sejak 15 November 2022.

"Nilainya sangat tinggi, baik dari volume kendaraan maupun jumlah uang yang masuk. Penghargaan untuk Samsat Budiman Desa Sikanco telah kami serahkan beberapa waktu lalu," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa keberadaan Samsat Budiman sangat bermanfaat bagi warga yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor karena tidak perlu datang ke Kantor Samsat.

Menurut dia, warga yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor cukup datang ke gerai Samsat Budiman yang berlokasi di Kantor BUMDes Karya Makmur, Desa Sikanco.

Selain lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal warga, kata dia, jam operasional Samsat Budiman juga lebih lama karena mulai 06.00 hingga 23.30 WIB.

"Operator di Samsat Budiman adalah petugas dari BUMDes itu sendiri. Selain itu, masyarakat akan lebih fleksibel dalam hal waktu," katanya.

Ia mengatakan bahwa keberadaan Samsat Budiman juga menambah pendapatan BUMDes karena selain melayani proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, juga melayani sejumlah pembayaran layananan yang bekerja sama dengan Bank Jateng.

Sementara itu, Direktur BUMDes Karya Makmur Desa Sikanco Koesnadi mengatakan bahwa Samsat Budiman yang merupakan salah satu bentuk usaha BUMDes Desa Sikanco memiliki kelebihan yang ditawarkan kepada masyarakat, yakni bisa memberikan dana talangan jika ada masyarakat mengalami kekurangan bayar dari besaran pajak.

"Kalau kurang memang bisa kami talangi, terlebih kalau itu warga kami sendiri," tegasnya.

Kepala Desa Sikanco Wartoyo mengatakan bahwa BUMDes Karya Makmur Desa Sikanco sengaja menyediakan gerai layanan Samsat Budiman untuk memudahkan warga masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, dia mengharapkan fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Desa Sikanco.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024