Salatiga, Jateng (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kesejahteraan kalangan buruh yang meliputi berbagai aspek harus menjadi perhatian semua pihak.

“Tak cukup soal upah, banyak aspek dan komponen lain yang kebijakannya bisa bermanfaat bagi buruh,” katanya usai mengikuti acara jalan sehat bareng para buruh di Kota Salatiga, Jumat, dalam rangka peringatan Hari Buruh (May Day) tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyempatkan diri berdiskusi dengan sejumlah buruh.

Di antara ratusan buruh yang hadir, gubernur mendapati buruh yang baru enam bulan bekerja, serta buruh yang telah bekerja selama lebih dari 30 tahun.

Dari hasil diskusi, ia mengetahui kebutuhan para buruh di antaranya terkait transportasi.

“Maka kenapa kayak bus aglomerasi TransJateng itu kami siapkan untuk jalur-jalur industri, dengan satu harapan daerah-daerah yang di kawasan industri itu terhubung dengan sistem transportasi,” katanya.

Menurut dia, keberadaan TransJateng secara tak langsung meringankan beban buruh dan keluarganya sehingga kemudian buruh bisa fokus bekerja, karena didukung fasilitas yang baik.

“Nah untuk buruh harganya yang murah karena ini yang menjadi suatu yang penting sehingga kami ingin pastikan di banyak tempat, kawan-kawan buruh, apalagi yang baru bekerja dia punya keluarga,” katanya.

Selain itu, kata dia, peringatan Hari Buruh ini juga penting untuk kembali mengingat kebutuhan buruh lain seperti akses kesehatan dan pendidikan.

“Komponen-komponen inilah yang bisa dibantu untuk meringankan beban mereka,” ujarnya.

Ganjar yang didampingi Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro E. Cahyo menyerahkan bantuan kepada para buruh dan ahli waris buruh.

Bantuan yang diberikan, antara lain paket sembako, santunan BPJS dan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH).

Baca juga: Walubi temui Ganjar bahas peringatan Waisak di Candi Borobudur


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024