Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meminta partai politik peserta Pemilu 2024 mengajukan pendaftaran calon anggota legislatif lebih awal agar semuanya dapat berjalan lancar dan sukses hingga akhir penetapan para calon.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Aris Setia Budi di Batang, Senin, mengatakan bahwa seluruh KPU telah membuka pendaftaran calon anggota legislatif mulai 1 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023.

"Kami berharap parpol peserta Pemilu 2023 tidak semuanya mendaftar pada akhir pendaftaran, tetapi bisa lebih awal. Kami berkomitmen melayani semua parpol yang akan mendaftar ke KPU," katanya.

Menurut dia, dengan adanya sosialisasi dan acara peluncuran pendaftaran calon anggota legislatif ini, maka mereka sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat pendaftaran.

KPU, kata dia, siap menerima pendaftaran setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, kecuali pada 14 Mei 2023, pendaftaran calon anggota legislatif akan ditutup pukul 23.59 WIB.

Ia mengatakan untuk persyaratan yang harus dipenuhi calon anggota legislatif Pemilu 2024 masih sama, seperti minimal berusia 21 tahun, berijazah minimal SLTA, melampirkan surat kesehatan jasmani rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Saat ini, kata dia, ada 18 partai politik yang ikut kontestan di Pemilu 2024. Parpol peserta Pemilu 2024 itu sesuai dengan yang ditetapkan KPU RI.

"Menurut perhitungan, jika seluruh parpol mengajukan calon anggota legislatif secara maksimal, maka akan ada sekitar 810 calon anggota legislatif untuk memperebutkan 45 kursi DPRD," katanya.

Aris Setia Budi mengatakan bagi mantan narapidana yang pernah menjalani hukuman 5 tahun bisa mencalonkan diri jika sudah memenuhi syarat setelah bebas selama 5 tahun dari pertama keluar dari tahanan.

"Saat mencalonkan diri, yang bersangkutan harus membuat pengumuman di media massa bahwa pernah menjalani hukuman pidana," katanya.

Baca juga: Bawaslu ingatkan pihak yang dilarang saat pendaftaran bacaleg

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024