Solo (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan momentum libur panjang di akhir pekan ini mampu mendongkrak kunjungan ke sejumlah destinasi wisata.
 
Menparekraf Sandiaga Uno di sela acara "Solo Menari" di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, mengatakan pada libur panjang yang bertepatan dengan hari buruh diharapkan dapat mendorong tingkat kunjungan wisata di sejumlah objek pariwisata.
 
"Saya pesan ke tim Badan Otorita Borobudur untuk aktivasi event  agar ada kegiatan," katanya.
 
Dengan demikian, dikatakannya, masyarakat yang menunda kembali ke tempat kerja bisa berkunjung ke tempat wisata tersebut.
 
"Selanjutnya dapat tercipta lapangan kerja yang lebih luas," katanya.
 
Ia mengatakan hal itu sesuai dengan tugas yang diberikan oleh presiden kepadanya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, salah satunya memastikan kebangkitan ekonomi pariwisata.
 
"Selain itu juga menggeliatkan ekonomi," katanya.
 
Termasuk dengan penyelenggaraan Solo Menari, menurut dia, merupakan salah satu kearifan lokal dan bagian dari kelestarian budaya.
 
"Menari jadi proses ritual budaya kita. (Penyelenggaraan) Di tengah-tengah pasar, apa yang jadi aspirasi masyarakat. Pasar jadi ramai, harga kembali stabil, ekonomi menggeliat," katanya.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024