Semarang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah kembali menabur keberkahan pada bulan suci Ramadhan.

Aksi kemanusiaan kali ini berupa Bakti Sosial di Panti Asuhan Al Munawir Boja, dengan membagi tali asih kepada anak-anak yatim piatu, Jumat (14/4).

Kegiatan kemanusiaan ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang Ke-59.

Dalam pelaksanaannya, jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng menggandeng Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kemenkumham Jateng dan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas) Jateng.

Aksi tersebut diawali dengan touring sepeda motor yang diikuti oleh 50 pengendara. Mereka berkendara dengan rute Lapas Kelas I Semarang hingga Panti Asuhan Al Munawir Boja.

Rombongan dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin, yang didampingi Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto serta Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Eks Keresidenan Semarang.

Sementara rombongan ibu-ibu dipimpin Ketua Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kemenkumham Jateng Restu Rida Yuspahruddin.

Sebagai penghantar, Kakanwil Yuspahruddin mengungkapkan bahwa aksi ini merupakan wujud rasa syukur sekaligus bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan kepada sesama masyarakat yang membutuhkan.

“Hari ini kita menggelar kegiatan touring Pemasyarakatan sekaligus bakti sosial dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 yang akan jatuh pada tanggal 27 April mendatang,” ujar Yuspahruddin.

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi panti asuhan Al Munawir walaupun sedikit," katanya lagi.

"Dan, semoga dengan melaksanakan kegiatan ini kita akan mendapatkan berkah pada bulan suci Ramadhan ini,” imbuhnya.

Di lain pihak,  pengurus Panti Asuhan Al Munawir pun menyampaikan banyak terima kasih kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng yang telah memberikan bantuan.

“Terima kasih banyak, semoga bantuan  kepada saudara-saudara kita di sini dapat menjadi berkat bagi Bapak Ibu sekalian,” ujar pengurus Panti Asuhan Al Munawir.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan tali asih paket sembako secara simbolik kepada anak-anak Panti.

@kemenkumhamri
#KumhamSemakinPASTI

Pewarta : ksm/azm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024