Jepara (ANTARA) - Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Mak Ganjar Jawa Tengah memberikan pelatihan pengolahan ikan asin bagi warga di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.
Koodinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Tengah Pancawati mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan agar masyarakat bisa membuat ikan kering untuk dijual dan dikonsumsi sekaligus mendorong para pelaku UMKM di bidang ikan asin mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas produk.
“Di sini mayoritas masyarakatnya mengolah hasil laut karena merupakan masyarakat pesisir, untuk itu kami dorong dengan peningkatan pengetahuan, dan keterampilan dalam mengolah hasil laut tersebut,” katanya.
Pada pelatihan tersebut, Mak Ganjar Jateng mendatangkan narasumber yang memiliki keahlian dalam mengolah hasil laut menjadi berbagai produk agar para pelaku UMKM memiliki variasi produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dan meningkatkan daya saing.
“Semoga setelah kegiatan ini pelaku UMKM lebih memiliki krativitas dalam mengolah hasil laut baik dari segi produksi dan promosi,” ujarnya.
Selain itu, Mak Ganjar Jateng ikut serta mempromosikan produk UMKM di wilayah Jateng, khususnya ikan kering yang diproduksi masyarakat setempat. 
Salah satu peserta pelatihan Nurhalimah mengungkapkan sukarelawan Mak Ganjar sudah banyak membantu para pelaku UMKM di Jawa Tengah khususnya di Desa Sinanggul.
Mak Ganjar Jateng juga disebut konsisten memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menjadi unggul melalui program pelatihan.
Dalam pelatihan dilakukan penyampaian teori dan bahan yang diperlukan dalam membuat ikan kering seperti ikan segar, garam hingga bambu untuk menjemur.
Dalam pelatihan dilakukan penyampaian teori dan bahan yang diperlukan dalam membuat ikan kering, seperti ikan segar, garam hingga bambu untuk menjemur. 
Pada kegiatan tersebut, Mak Ganjar Jateng menyalurkan bantuan garam bata sebagai bahan membuat ikan asin.
Usai praktek pembuatan ikan, Mak Ganjar Jateng turut meninjau pembuatan ikan asin di Desa Jambu.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024