Semarang (ANTARA) -
Ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia kembali diucapkan oleh dua Warga Binaan Pemasyarakatan atau Narapidana Terorisme Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan Kanwil Kemenkumham Jateng, Kamis (6/4). 
 
Napiter mengucapkan sumpah kesetiaan kepada NKRI dan mengakui Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara, serta membuat pernyataan untuk meninggalkan pemahaman dari kelompok radikal dan segala bentuk perlawanan terhadap NKRI.
 
Begitu lantang suara kedua Napiter dalam mengucapkan pernyataan setia kepada NKRI dan mengucapkan Pancasila yang merupakan pilar Ideologis Negara Indonesia, serta dengan penuh khidmat dalam Prosesi penghormatan dan penciuman bendera merah putih. 

Baca juga: Kemenkumham Jateng gelar wawancara seleksi pengisian jabatan Eselon V
 
Hal tersebut menjadi bukti keberhasilan Pemasyarakatan dalam membentuk WBP agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana lagi.
 
"Ikrar setia kepada NKRI ini Kami harap tidak hanya diucapkan secara lisan saja, namun juga tulus dari hati yang mengucapkan dan harus juga di aktualisasikan sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Kasubdit Bina Dalam Lapas BNPT Roedy Widodo. 
 
"Saya berharap penuh ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati, untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentangan dengan NKRI," katanya.

Baca juga: Terima penghadapan taruna Poltekip 54, Ini pesan Pimti Kemenkumham Jateng

 Plt Kalapas Pasir Putih Agus Wijayanto menyampaikan terima kasih kepada kedua Napiter yang telah menyatakan Ikrar Setia NKRI, kepada seluruh petugas Lapas Pasir Putih yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
 
Ia menambahkan ikrar yang saudara ucapkan di bawah sumpah kitab suci Al-Quran, semoga dapat segera mengajak saudara/ rekan Warga Binaan yang belum terketuk hatinya untuk kembali setia kepada NKRI dan kembali ke ibu pertiwi," tambah Plt Kalapas. 
 
Prosesi sakral tersebut terselenggara di ruang teleconference Lapas Pasir Putih Nusakambangan dengan disaksikan langsung oleh Stakeholder dalam acara ini Kasubdit Bina Dalam Lapas BNPT, Kasi Identifikasi Narapidana BNPT, Perwakilan Petugas Bapas Nusakambangan, perwakilan dari Densus 88 Polri serta rohaniawan dari Petugas Depag Cilacap.
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024