Temanggung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Temanggung bersama Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung, Jawa Tengah, melakukan inspeksi keselamatan kendaraan umum atau ramp check menjelang Lebaran 2023.

Kepala Seksi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Temanggung Gany Cipta Sampurna di Temanggung, Kamis, mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam menyiapkan armada-armada yang akan digunakan dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran.

"Kami ingin memastikan kendaraan yang dioperasikan di jalan nanti laik operasi dari sisi administratif memenuhi dan dari sisi teknis juga memenuhi.

Ia menyebutkan di Temanggung disiapkan sekitar 900 unit kendaraan yang nantinya akan terlibat dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini.

"Apa pun yang tidak memenuhi persyaratan teknis laik jalan maupun administratif tentunya akan ditilang tegas oleh teman-teman dari kepolisian," katanya usai melakukan ramp check di garasi bus Sumber Anugrah di Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

Ia menyebutkan dari 900 unit armada tersebut terdiri atas 200 AKAP, 500 AKDP, dan sisanya angkot dan angkudes.

Karyawan PO Sumber Anugrah, Harlis Priyatmoko mengatakan walaupun secara legal sudah tertib, tetapi akan bangga kalau ada petugas dinas yang melakukan pengecekan.

"Jadi kami siap setiap saat manakala di perjalanan ada masalah secara legal kami sudah bebas dari sangkutan hukum," katanya.

Menurut dia PO Sumber Anugrah menyiapkan 50 persen armada yang ada untuk angkutan Lebaran dan 50 persen untuk cadangan. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024