Solo (ANTARA) -
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berupaya mengedukasi pegawai negeri sipil (PNS) agar bijak berinvestasi sehingga kondisinya lebih baik saat masa pensiun.
 
Kepala BEI Kantor Perwakilan Jawa Tengah II M Wira Adibrata di Solo, Minggu, mengatakan perlu literasi dan edukasi terhadap PNS agar di masa tuanya tidak hanya mengandalkan dana pensiun.
 
"Padahal kebutuhan hidup makin hari akan makin meningkat. Oleh karena itu, pada masa produktif ini para PNS juga bisa menyusun rencana keuangan dengan baik," katanya.
 
Ia mengatakan dalam menyusun rencana keuangan perlu didampingi oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab mengedukasi dengan cara yang benar.
 
Dengan demikian, diharapkan para PNS dapat terhindar dari godaan keuntungan besar yang ditawarkan investasi bodong.
 
 
"Iming-iming investasi bodong ini menyasar ke mereka yang memiliki pendapatan tetap. Di kalangan PNS dan aparatur sipil negara (ASN) alasan ini yang membuat investasi bodong cepat menyebar," katanya.
 
Melihat fakta tersebut, menurut dia mau tidak mau menuntut ASN dan PNS untuk teredukasi, terutama soal manajemen keuangan.
 
"Mereka memang sudah memahami pentingnya investasi, tetapi tidak banyak yang tahu cara investasi yang benar dan legal seperti apa," katanya.
 
Pihaknya berharap dengan adanya edukasi tersebut para ASN dan PNS dapat mulai melek soal manajemen keuangan, termasuk investasi.
 
"Agar ke depan mereka paham ke mana menempatkan uangnya dengan tepat sehingga planning di masa depan sesuai dengan keinginan," katanya.




Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024