Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang kalangan pelajar di provinsi setempat sudah melek pangan alternatif sebagai salah satu upaya mendukung kedaulatan pangan nasional.

“Harapannya, para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat melanjutkan kedaulatan pangan dengan baik,” katanya di sela menghadiri Pameran Urban Farming di SMP Negeri 30 Semarang, Kamis.

Orang nomor satu di Jateng itu sempat berdialog dengan sejumlah pelajar dan meninjau kebun tanaman telang yang ditanam dan dirawat oleh siswa di halaman sekolah.

“Jadi temanya ini bunga telang, menjadi pewarna terus bisa dijadikan minuman, bahkan bisa untuk skin care. Artinya anak-anak diberikan tradisi bercocok tanam, memelihara, termasuk budi daya ikan tadi," ujarnya.

Menurut Ganjar, kegiatan pertanian urban oleh siswa tersebut dapat menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa terhadap budidaya tanaman, khususnya tanaman telang.

"Kelak kemudian hari mereka akan dirangsang terus, tahu akan produk-produk yang bisa kita miliki dari pertanian dan pangan. Siapa tahu mereka akan jadi periset yang hebat untuk bisa mengembangkan itu," katanya.

Mantan anggota DPR RI itu mendukung terselenggaranya kegiatan serupa di sekolah lain, dengan harapan yang lebih luas agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat melanjutkan kedaulatan pangan dengan baik.

"Pangan kita makin hebat, pangan kita makin berdaulat dan itu dari anak-anak ini sebagai generasi berikutnya. Ini kekuatan pangan yang dikenalkan sejak dini dan dimasukkan ke sekolah agar mereka learning by doing,” ujarnya.(LHP)

Baca juga: Sasakawa Foundation temui Ganjar bahas potensi kerja sama


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024