Blora (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada para penerima sertifikat tanah Perhutanan Sosial di Desa Gabusan, Kabupaten Blora, dapat memanfaatkan lahan untuk kegiatan produktif sehingga dapat meningkatkan perekonomian..

“Masyarakat kan bisa mengakses, akseslah dengan baik untuk menumbuhkan ekonomi,” ujar Ganjar usai mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Blora, Jumat.

Pesan kedua, menurut Ganjar, pemerintah dalam hal ini Perhutani akan terus mendampingi masyarakat dan kelompok tani agar hasilnya optimal.

“Ketiga tentu saja konservasinya jangan lupa sehingga dari sisi tutupan dan lahan yang digunakan untuk kebutuhan ekonominya bisa dipadukan,” katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK ajak masyarakat perhutanan sosial ikut program Jamsostek

Mantan anggota DPR RI itu secara khusus berharap para penerima bisa segera memanfaatkan lahan dengan baik, termasuk penyelesaian konflik pertahanan sekitar hutan di Wonorejo, Cepu.

“Alhamdulillah bisa selesai karena Pak Bupati kemarin segera nulis surat, kita juga mempercepat, dan respon ATR/BPN juga cepat,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi diantaranya Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menseskab Pramono Anung.

Kemudian, Bupati dan Forkopimda Blora juga hadir. Serta sejumlah kepala daerah di Provinsi Jateng dan Provinsi Jatim.
 

Baca juga: Presiden: Pemerintah bagikan 5 juta hektare tanah sosial kepada petani
Baca juga: KSP percepat penyelesaian konflik agraria di Jateng
Baca juga: Sekar: 6.000 karyawan dirumahkan merupakan konsekuensi logis

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024