Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memfasilitasi pembentukan kelompok pangan lestari dengan menyediakan bibit tanaman pangan untuk ditanam di pekarangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Muadi di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pembentukan kelompok pangan lestari ini sebagai upaya mendukung pemanfaatan pekarangan rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman bagi keluarga.

"Oleh karena itu, kami akan memfasilitasi masyarakat minimal lingkup rukun tetangga yang ingin membentuk kelompok pekarangan pangan lestari," katanya.

Didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ani Kusumaningrum, ia menyampaikan fasilitasi yang diberikan di antaranya pendampingan pembuatan surat keterangan pendampingan petugas penyuluh lapangan (PPL), pendampingan pangan, serta menyediakan sarana prasarana lain seperti pupuk, paranet, bibit, dan benih.

Baca juga: Pemkot Pekalongan optimalisasi kawasan rumah pangan lestari

Untuk permohonan fasilitasi pembentukan kelompok pangan lestari, kata dia, cukup mengajukan melalui surat resmi dikirim langsung ke kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Jalan Letjend Suprapto Nomor 3.

"Insya Allah, kami akan memfasilitasi, minimal satu rukun tetangga," katanya.

Menurut dia, pemkot menyediakan beberapa jenis bibit sayuran seperti cabai rawit, terong, tomat, seledri ,dan benih buah antara lain klengkeng, mangga, rambutan, serta jambu.

Berdasarkan data hingga akhir 2022, terdapat 24 kelompok pangan lestari aktif yang tersebar di wilayah 4 kecamatan.

"Kami berharap jika jumlah kelompok pangan lestari semakin bertambah,  bisa menunjang program pemerintah dalam penanganan stunting melalui pemenuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan keluarga," katanya.

Baca juga: SG Lestari berikan P4L Awards bagi desa berketahanan pangan terbaik 2021

Pewarta : Kutnadi
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024