Purwokerto (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar pembukaan Mitra Desa bertempat di Balai Desa Pasir Lor, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Karanglewas Drs. Dwi Nur Wijayanto, MPP, M.Eng., Sekretaris Desa Pasir Lor Sulaiman, S.T., Wakil Dekan II FEB UMP Hadi Pramono, S.E., M. Si., Ak., CA, serta Ketua Lembaga Keluarga Mahasiswa FEB UMP dan warga Desa Pasir Lor.

Ketua Mitra Desa BEM FEB UMP Cindy Salawatan Trisyanti mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kerja sama yang bertujuan membangun potensi desa, khususnya dalam bidang pendidikan dan ekonomi melalui program yang telah dicanangkan.

"Kegiatan Mitra Desa akan berlangsung setiap hari Sabtu dari tanggal 11 Februari hingga 8 April 2023," katanya di Purwokerto, Banyumas, Kamis (23/2).

Ia mengatakan ada dua program yang dilaksanakan, yakni pendampingan UMKM sebagai upaya membantu dan mendukung pelaku UMKM di desa setempat serta program Economic Family Foundation (EFFON) guna mengembangkan pendidikan kreatif yang menyenangkan berupa pengajaran bagi TK dan TPQ.

Baca juga: BPH UMP: Nikmati waktu pensiun untuk mengabdi dan beribadah

Perwakilan BEM FEB UMP, Luthfi Arie Widzayanto mengatakan Mitra Desa menjadi implementasi dari Catur Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

"Mitra Desa ini termasuk program tahunan kami sebagai upaya dedikasi mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FEB UMP Hadi Pramono, S.E., M.Si., Ak., CA berharap kepada mahasiswa agar mampu memberikan dampak melalui kegiatan tersebut.

"Semoga mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di kampus dan organisasi kemahasiswaan, sehingga keberadaan kampus dirasakan masyarakat khususnya terkait pemberdayaan ekonomi," katanya. 

Camat Karanglewas Drs. Dwi Nur Wijayanto, MPP, M.Eng. memberikan apresiasi sebagai bentuk dari penerimaan kegiatan Mitra Desa oleh masyarakat Pasir Lor yang disambut dengan baik.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan sosialisasi Manajemen Keuangan dengan narasumber Dosen FEB UMP Alfalisyado, S.E., Sy, M.E. yang ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara mengelola keuangan yang baik dalam membuka usaha. (zah/tgr)

Baca juga: FAI UMP gelar seminar nasional kaji pembelajaran PAI multidisiplin
Baca juga: Dua mahasiswa UMP raih beasiswa Erasmus Plus 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024