Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah memastikan vaksinasi penguat kedua bisa diikuti oleh warga luar daerah di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Sekarang kan sudah terbuka, warga luar Kota Solo bisa (mengikuti vaksinasi di Solo, red.)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Senin.

Ia mengatakan setiap warga berusia 18 tahun ke atas yang ingin memperoleh vaksinasi penguat kedua bisa langsung datang ke puskesmas di Kota Solo.

"Silakan masyarakat mengakses ke puskesmas terdekat tanpa memandang KTP. Kalau ingin memastikan, bisa dicek ke PeduliLindungi sudah dapat e-tiketnya atau belum," katanya.

Ia mengharapkan jika masyarakat sudah memperoleh e-tiket bisa segera ke puskesmas agar bisa memperoleh vaksinasi penguat kedua.

"Segera saja, jangan menunda-nunda," katanya.

Sejauh ini, ujar dia, persediaan vaksin di Kota Solo dalam kondisi aman. Untuk jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat, yakni Pfizer.

"Semua vaksin baik, yang penting untuk melindungi," katanya.

Ia mengatakan alokasi vaksin pada setiap puskesmas 150 dosis/hari.

"Alokasi puskesmas, kemampuan puskesmas bisa sampai 150 sehari. Dari 17 puskesmas tidak buka setiap hari ya karena melihat efektif dan efisiennya karena vaksin bukan single, vaksinnya multi dus," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024