Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz memimpin pengambilan sumpah dan pelantikan lima pejabat pengawas dan administrator di lingkungan pemerintah kota setempat di Pendopo Pengabdian, Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Jumat.

Para pejabat pengawas yang dilantik, yakni Nur Hidayati sebagai Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Magelang Tengah dan Agustinus Setyo Riyadi sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian BPBD Kota Magelang. 

Para pejabat administrator, yakni Sugeng Riyadi sebagai Kabid Kepariwisataan Disporapar, Fadli Kurniawan sebagai Kabid Kebudayaan Disdikbud, dan Riana Devy Wahyu Kusumawardhani sebagai Kabid Pengendalian Penduduk dan KB pada DPMP4KB Kota Magelang.

"Selamat melaksanakan tugas pada jabatan baru, semoga yang baru saja dilantik dapat melaksanakan amanah dengan sepenuh hati, sebagai wujud pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan negara," katanya Aziz dalam keterangan tertulis Bagian Prokompim Pemkot Magelang.

Dia meminta pejabat yang dilantik meneguhkan niat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya, serta segera beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.  

Ia juga mengemukakan pentingnya kepastian proses transisi pejabat tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Tak jemu saya ingatkan bahwa promosi maupun mutasi jabatan adalah sebuah 'tour of duty', bagian dari siklus kepegawaian dan penyelenggaraan pemerintahan," katanya.

Ia menjelaskan tujuan pelantikan ini mengisi formasi jabatan yang kosong, didasarkan pada kebutuhan organisasi pemerintah sesuai dengan standar kompetensi dan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan. 

Selain itu, kata dia, upaya peningkatan dan pengembangan karier aparatur sipil negara (ASN) dan proses penyegaran pada organisasi perangkat daerah (OPD).

"Setiap ASN Pemkot Magelang tidak lelah untuk terus meningkatkan kompetensi diri hingga pada saatnya nanti siap mengemban jabatan baru atau amanah yang lebih besar," katanya.

Selain itu, ujar dia, setiap ASN senantiasa memegang teguh nilai-nilai inti ASN berakhlak, antara lain berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, dalam menjalankan peran sebagai individu maupun abdi negara dan masyarakat.
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024