Magelang (ANTARA) - Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan tugas panitia pemungutan suara (PPS) berdampak terhadap kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tugas yang ditunaikan PPS tidak hanya berdampak terhadap kelancaran setiap tahapan pemilu, namun berdampak besar dalam  upaya penegakan demokrasi di negara tercinta NKRI ini," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut pada Pelantikan PPS Pemilu 2024 dan Apel Siaga Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Se-Kabupaten Magelang di Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang.

Zaenal mengatakan, dengan pelantikan itu maka anggota PPS  telah mendapatkan amanah yang tidak ringan, bahkan bisa dikatakan sangat berat dalam upaya mengawal  demokrasi. 

Zaenal mengimbau kepada para anggota PPS harus memegang teguh sumpah dan janji yang sudah diucapkan untuk bekerja dengan jujur, adil, berintegritas tinggi, profesional dan selalu menjaga netralitas agar tercipta pesta demokrasi yang berkualitas sehingga mampu menghasilkan para wakil rakyat dan pimpinan daerah yang baik dan amanah.

Ia mengingatkan meskipun pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dicabut oleh pemerintah, masyarakat/peserta demokrasi agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Tujuannya supaya pesta demokrasi Tahun 2024 nanti bisa berjalan dengan tertib, lancar, dan tanpa disertai lagi dengan ancaman pandemi.

"Saya berharap dengan pelantikan anggota PPS ini pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar dan sebagai PPS bisa netral dan bisa menjaga tegaknya demokrasi yang ada di negara tercinta ini," katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang Affifudin menyampaikan, agar para anggota PPS Tahun 2024 yang sudah dilantik dan mengucapkan fakta integritas dapat bekerja sebaik-baiknya.

"Sejak dilantik saudara-saudara sekalian sebagai penyelenggara pemilu ditingkat desa, sejak saat ini pula mulai terikat dengan aturan perundang-undangan terkait dengan penyelenggaraan pemilu. Karena itu saudara-saudara harus menjaga diri dengan cara bersikap netral, menjaga integritas, bersikap adil dalam melayani peserta pemilu yaitu partai politik serta tim kampanye presiden dan wakil presiden dan juga pemilih," katanya.

Affifudin menyebutkan sebanyak 1.116 orang dilantik menjadi anggota PPS di 372 desa di Kabupaten Magelang. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024