Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menjajaki kerja sama pengembangan sepeda motor listrik "Bralink".

Kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong pengembangan kendaraan listrik oleh industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di wilayah Purbalingga. 

Penjajakan kerja sama dilakukan dalam kunjungan Disperindag Kabupaten Purbalingga di Fakultas Teknik Unsoed, Selasa (10/1). 

Dekan Fakultas Teknik Unsoed Prof. Dr. Eng. Agus Maryoto menyambut baik penjajakan kerja sama tersebut. 

Ia mengharapkan Fakultas Teknik Unsoed dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dapat memajukan IKM melalui kolaborasi tersebut. 

Sementara itu, Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga Johan Arifin, S.Sos, M.Si. mengatakan setidaknya ada tiga arah pengembangan yang diharapkan dapat dilakukan oleh Dinperindag.

"Pertama, menjadikan Purbalingga sebagai pusat bengkel konversi motor listrik yang memiliki lisensi. Kedua, terjalinnya link and match antara IKM dengan Industri menengah besar," katanya.

Sementara yang ketiga, kata dia, terjalinnya kerja sama lebih lanjut dengan Unsoed, khususnya Fakultas Teknik yang berlokasi di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Baca juga: Dua mahasiswa Unsoed ikuti Sakura Science Exchange Program di Jepang

Ketua Tim Kerja Motor Listrik yang juga Staf Dinperindag Kabupaten Purbalingga, Yusran Sabilla menyampaikan harapan keterlibatan Fakultas Teknik Unsoed dalam pengembangan motor listrik yang rencananya akan diberi merek Bramo dan jenisnya yang bernama Bralink. 

Pada kesempatan tersebut, Yusran juga memaparkan spesifikasi motor listrik buatan Purbalingga itu. 

Sementara Ketua Tim Kerjasama Fakultas Teknik yang juga Ketua Puskor HKI LPPM Unsoed Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti menyampaikan perihal model kerja sama yang dilakukan, serta hak merek, hak cipta, dan hal lainnya terkait motor listrik tersebut.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Kepegawaian Fakultas Teknik Unsoed Teguh Cahyono, M.Kom. menegaskan Fakultas Teknik siap menjalin kerja sama lebih lanjut dengan Pemkab Purbalingga untuk meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di wilayah kabupaten itu. 

Menurut dia, hal itu selaras dengan visi Fakultas Teknik, yaitu menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal.

Baca juga: Unsoed Purwokerto tingkatkan sinergisitas dengan alumni
Baca juga: Dosen Jurusan Fisika Unsoed turut dalam Ekspedisi Kapal Baruna Jaya III

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024