Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menginisiasi kegiatan pelatihan pembuatan kerajinan piring dari sapu lidi guna menambah keterampilan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk menghasilkan produk yang bernilai jual.

Kegiatan pelatihan yang digelar di Kampung Berkualitas (KB) "Gadis" Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (18/12), dengan menghadirkan pemateri yang merupakan pengrajin dari Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Sri Mitalikati didampingi Rohimah, Aminatun, dan Yati.

Pelatihan tersebut dilatarbelakangi oleh keberadaan industri kreatif sebagai salah satu usaha yang terbukti mampu bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan pelatihan pembuatan piring dari lidi menjadi tambahan keterampilan para ibu yang bernilai jual. 

"Selama ini yang kita tahu lidi hanya dibuat sapu. Melalui pelatihan ini membuka pemahaman baru pemanfaatan lidi untuk kerajinan piring," katanya.

Selain menambah nilai jual dan menambah pendapatan keluarga, kata dia, pemanfaatan lidi menjadi piring itu juga menjadi alternatif penggunaan piring yang ramah lingkungan. 

Baca juga: Kilang Cilacap warnai agenda akhir tahun 2022 dengan penyaluran santunan

"Material lidi juga relatif tahan lama dan lebih ramah lingkungan karena bukan dari material plastik," jelasnya.

Menurut dia, upaya tersebut sejalan dengan misi PT KPI sebagai perusahaan energi global kebanggaan bangsa dan selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada poin ketiga, yakni memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. 

"KB 'Gadis' Tegalreja merupakan binaan PT KPI RU IV, dan seoptimal mungkin kami mendukung program-program dari KB 'Gadis' ini," tegas Cecep.

Sementara itu, Lurah Tegalreja Sri Subarwati menyambut baik pelatihan yang diikuti 30 ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Tegalreja. 

"Kami berterima kasih atas jalinan kolaborasi yang sudah berjalan baik dengan PT KPI. Kami yakin ini sangat bermanfaat untuk peserta dan diharapkan peserta bisa menyebarluaskan kepada warga atau tetangga sekitar," katanya.

Salah seorang peserta pelatihan, Septy Riana mengaku antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. "Selain menambah keterampilan, pelatihan ini tentu sangat berguna bagi saya pribadi. Terimakasih pada PT KPI RU IV sudah memberikan ilmu gratis dengan pelatihan ini," katanya.   

.Baca juga: Kilang Cilacap tingkatkan kapasitas ibu dan remaja putri melalui pelatihan ecoprint
Baca juga: Tasyakuran HUT Pertamina dan HUT PT KPI, Kilang Cilacap hadirkan pergelaran wayang kulit
Baca juga: Kilang Cilacap hadirkan BPBD dan BMKG sosialisasikan sistem penanganan bencana

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024